Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, Jumat (15/10),memimpin rapat paripurna membahas RAPBD Tahun 2022.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para juru bicara dari lima fraksi DPRD Wonogiri, mendesak Pemkab segera melakukan upaya penguatan dan pemulihan ekonomi.

Desakan ini, Jumat (15/10), dikemukakan oleh para juru bicara fraksi yang menyampaikan pemandangan umum pada rapat paripurna DPRD Wonogiri.

Lima penyampai pandangan umum, terdiri atas Paryanti dari Fraksi Partai Golkar, Sri Haryanto (Fraksi PKS), Arum Subekti (Fraksi Partai Gerindra), Iskandar (Fraksi AKB) dan Suprapto dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kata Sri Haryanto, penyusunan APBD harus berorientasi pada rakyat. Menyikapi adanya pandemi Covid-19, Pemkab harus segera melakukan pemulihan ekonomi dan penguatan UMKM.

Harapan sama, juga disampaikan oleh Paryanti. ”Harus ada prioritas untuk menyikapi dampak Covid-19, dan jangan sampai diwarnai korupsi,” tegasnya.

Pendapatan Turun

Menurut Arum Subekti, jumlah pendapatan pada APBD Wonogiri Tahun 2022 mengalami penurunan Rp 8,7 miliar atau sekitar 3,15 persen.

Iskandar, juru biacara Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa (AKB), menyampaikan pemandangan umum di forum rapat DPRD Wonogiri.

Yakni turun dari sebesar Rp 258 miliar lebih di Tahun 2021 menjadi Rp 249 miliar lebih di Tahun 2022. Terkait ini, Arum Subekti, mendesak agar Pemkab melakukan upaya peningkatan pendapatan.

”Menyikapi pandemi Covid-19, perlu perhatian ekstra dan peningkatan manajemen dalam melakukan pengelolaan APBD,” tegas Iskandar dari Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa (FAKB).

FAKB merupakan fraksi gabungan dua partai, yakni koalisi PAN dengan PKB. Untuk meningkatkan pendapatan, Iskandar minta agar ada peningkatan manajemen pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Masih dalam upaya peningkatan pendapatan, Iskandar, mempertanyakan pemanfaatan lahan-lahan strategis di Wonogiri. Sejauh mana pemanfaatannya dalam memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan ?

Vaksinasi Massal

Sementara itu, juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Suprapto, dalam pemandangannya menyatakan, upaya pemulihan ekonomi yang terdampak Covid-19 harus menjadi prioritas.

Dalam menyampaikan pemandangan umum, Sri Haryanto, juru bicara Fraksi PKS, mempertanyakan pula tentang pembelajaran tatap muka (PTM) dan rekrutmen guru melalui P3K.

Di sisi lain, Suprapto, minta agar percepatan vaksinasi massal yang menjadi program pemerintah harus berjalan sukses. Karena memiliki arti penting dalam menekan penyebaran wabah corona.

Di masa pandemi ini, tandas Suprapto, pemerintah harus hadir pada setiap langkah percepatan pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19.

Rapat paripurna membahas nota pengantar APBD Tahun 2022. Berlangsung di Gedung Graha Paripurna lantai dua, dihadiri 44 dari 50 anggota dan dipimpin Ketua DPRD Sriyono bersama para Wakil Ketua.

Wakil Bupati Setyo Sukarno, hadir mewakili Bupati Wonogiri yang pamit karena bersamaan mengikuti zoom meeting dengan Kemendagri. Surat pamit Bupati dibacakan oleh Sekretaris DPRD Gatot Siswoyo.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here