Gubernur memegang sertifikat APE menyampaikan testimoni.(hm)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Selain kodrat tidak satu hal pun batas kita bedakan. Gender bukan penghalang peraih kesusksesan. Semua yang berdiri tegap di bawah merah putih punya hak yang sama, entah laki-laki maupun perempuan.

Jadilah manusia sebaik-baiknya. Jalanilah kehidupan sehormat-hormatnya. Kami yang berada di pemerintahan Provinsi Jawa Tengah meyakini dan menjalankan prinsip itu dengan seksama agar bisa memberikan pengabdian yang seoptimalnya

Pernyataan itu diucapkan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Rabu (13/10) sesaat setelah menerima penghargaan, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dari menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual dalam side event AMMW (Asean Ministerial Meeting on Women) ke-4 dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

Jawa Tengah merupakan satu dari 13 Kementerian/Lembaga, 29 Pemerintah Provinsi dan 266 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan.

Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian /Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Empat Kategori

Menurut Dra Retno Sudewi, Apt, MSi, MM, Kepala Dinas P3A, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 memperoleh penghargaan APE tingkat Mentor selama 4 kali berturut-turut.

Mentor merupakan penghargaan tertinggi dalam APE yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Dari seluruh provinsi di Indonesia, hanya ada empat provinsi yang memperoleh APE tingkat Mentor yaitu Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY dan Sulawesi Selatan.

Pengkategorian APE adalah Mentor, Utama, Madya, Pratama.

Ditambahkan, di Jawa Tengah terdapat 1 Kabupaten yang memperoleh APE Kategori Mentor, 12 Kab/Kota Kategori Utama, 13 Kab/Kota Kategori Madya, dan 8 Kab/Kota Kategori Pratama.

Kabupaten Rembang kategori Mentor. Termasuk kategori Utama adalah Kab Wonosobo, Kab Demak, Kabupaten Magelang, Kab Purworejo, Kab Sragen, Kab Temanggung, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kab Brebes, Kab Jepara , Kab Kebumen, Kota Magelang,

Kategori Madya: Kab Grobogan, Kab Klaten, Kota Tegal, Kab Kudus, Kab Banyumas, Kab Batang, Kab Cilacap, Kab Pati, Kab Pekalongan, Kab Pemalang, Kab Tegal, Kota Salatiga, Kota Surakarta.

Kategori Pratama: Kab Banjarnegara. Kab Blora, Kab Karanganyar, Kab Kendal, Kab Purbalingga, Kab Semarang, Kab Wonogiri, Kab Boyolali. Kategori non – APE Kab Sukoharjo.

hm

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here