tembakau
Bupati Temanggung M Al Khadziq saat meninjau perwakilan pabrik rokok PT Gudang Garam yang ada di Temanggung. Foto: Yon

TEMANGGUNG,(SUARABARU.ID): Pemerintah Kabupaten Temanggungmengirim surat kepada PT Gudang Garam di Kediri dan PT Djarum Kudus, agar kedua pabrik rokok terbesar tersebut membeli tembakau Temanggung hingga akhir musim panen.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung mengirim surat kepada PT Gudang Garam di Kediri dan PT Djarum Kudus. Intinya meminta agar gudang perwakilan perusahaan rokok yang ada di Temanggung agar tetap membeli tembakau dari petani Temanggung  sampai akhir musim dan  semua tembakau petani Temanggung terbeli,” kata Bupati Temanggung, M Al Khadziq.

Khadziq mengatakan, Pemkab Temanggung mengirimkan surat

bernomor P/463/510/01.5/X/2021 yang ditujukan kepada Direktur Utama PT Gudang Garam dan Direktur Utama PT Djarum tersebut, karena hingga saat in masih terjadi pelambatan masa petik akibat hujan. Selain itu, juga terjadi pelambatan penyerapan tembakau kering dari industri dari pabrikan.

Menurutnya, berdasar pemantauan  yang dilakukan saat ini  masih terdapat hampir 10 persen atau sekitar 1.400 ton kering tembakau belum dipanen oleh petani. Selain itu  hampir 1.500 ton kering tembakau yang sudah dipanen, namun belum terserap industri.

Ia  menambahkan, pada musim tembakau tahun ini terjadi pelambatan panen akibat sempat hujan turun pada di Agustus dan September lalu.

“Selain itu  juga terjadi pelambatan penyerapan oleh industri. Industri dinilai lambat menyerap dan banyak keluhan petani-pedagang karena penyerapan yang lambat tersebut, “ katanya.

Khadziq menegaskan,  dengan pemerintah meminta pabrik supaya gudang tetap buka melakukan pembelian harapannya semua tembakau petani bisa terbeli.

“Jangan sampai ada yang tersisa dan sampai akhir musim nanti semoga tidak hujan lagi, syukur-syukur harga menjadi lebih baik lagi dibanding yang sekarang,” katanya.

Selain mengirimkan surat bernomor P/463/510/01.5/X/2021 yang ditujukan kepada Direktur Utama PT Gudang Garam dan Direktur Utama PT Djarum, pihaknya  juga mendatangi gudang perwakilan kedua pabrikan tersebut di Temanggung,

Hal itu dilakukan untuk memastikan permintaan Pemkab Temanggung tersebut  ditindaklanjuti. Yon