JAKARTA (SUARABARU.ID) – Untuk mencapai “World Class Services”  maka di PLTU Tanjung Jati B diimplementasikan program 5S (Seiton/Rapi, Seiri/Ringkas, Seiso/Resik, Seiketsu/Rawat, Shitsuke/ Rajin) dan 5E (Efficient Process, Excellent Performance, Elegant Atmosphere, Empowering Community, Establishing High Trust Culture).

Disamping itu penerapan program tersebut juga merupakan bukti bahwa  PLTU Tanjung Jati B telah  dikelola dengan ramah lingkungan dan menjadi standard ataupun icon pengelola pembangkit listrik bagi PLN di Indonesia. Karena itu,  predikat “Proper Emas” dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia pada periode tahun 2019 dan tahun 2020 berhasil diraih.

Pastikan Kebersihan di Area Pembangkit, PLTU Tanjung Jati B Operasikan Road Sweeper

“Harapannya di tahun 2021 ini PLN UIK TJB dapat mempertahankan dan mendapatkan penghargaan “Proper Emas” kembali untuk ketiga kalinya,” ungkap Kukuh Sudaryatmo Pejabat Pengendali K3, Lingkungan dan Keamanan PLN UIK TJB.

Salah satu program guna mendukung dan menyukseskan pencapaian “Green Power Plant” di tahun 2021 ini, PLN UIK TJB mengoperasikan mobil pembersih ataupun penyedot sampah dedaunan jalan di area dalam lingkungan PLTU Tanjung Jati B Unit 1-4.

Keberadaan 2 mobil “Road/Street Sweeper” ini sangat membantu menjaga kebersihan khususnya di dalam area jalan PLTU TJB, sehingga senantiasa bersih dan ramah lingkungan dapat terwujud di lingkungan area jalan PLTU TJB.

PLTU Tanjung Jati B Operasikan 2 Road Sweeper

Kukuh menambahkan, kalau di area jalan di lingkungan PLTU Tanjung Jati B kondisinya bersih, aman dan nyaman serta ramah lingkungan, akan membuat pengguna ataupun pemakai jalan melihat bahwa lingkungan di PLTU Tanjung Jati B selalu terlihat bersih dan nyaman.

Sebelum adanya road/street sweeper, dilakukan  menggunakan cara lama dengan mempekerjakan beberapa orang untuk membersihkan jalanan dengan sapu. “Hal ini memiliki banyak kekurangan, pembersihan tidak diselesaikan secara maksimal, banyak waktu yang dihabiskan, daerah yang dibersihkan terbatas sehingga dinilai kurang efisien dan efektif,” ujarnya

Mobil Road Sweeper sedang membersihkan jalan dilingkungan PLTU Tanjung Jati B

Adanya mobil street/road sweeper ini merupakan satu kesatuan kelengkapan infrastruktur jalan, memberikan standar jaminan kebersihan lingkungan, lebih efektif, lebih bersih, lebih cepat dan membersihkan daerah yang lebih luas.

Mobil road/street sweeper berfungsi mengumpulkan sampah dan debu dengan menyapunya serta menyedot sampah-sampah tersebut ke dalam bak yang tahan karat. Road/street sweeper tampak seperti mobil truk mini pada umumnya, kecuali alat penyapu berbentuk bundar di depan dan samping mobil yang membuatnya unik.

Mobil “Road/Street Sweeper” ini memiliki cleaning performance 105000m2/h, waste hopper capacity 6200lt, water tank capacity 500, dengan berat 7850 kg serta kecepatan maximum 42 km/h, berbahan bakar solar dengan mesin diesel.

Pastikan Kebersihan di Area Pembangkit, PLTU Tanjung Jati B, Operasikan 2 Road Sweeper

Mobil road/street sweeper tersebut dioperasikan cukup oleh satu orang. Sistem pengoperasikan kendaraan penyapu jalan menggunakan elektrikal hydraulis, sehingga sangat memudakan untuk mengoperasikannya. Mobil ini dibekali juga dengan beberapa kemampuan seperti mesin sapu, alat penyemprot serta penyedot air dan sampah.

Artinya sekali pengoperasian tiga hal tersebut dapat dilakukan sekaligus. Cara kerjanya sapu hidrolik yang berada di depan bumper dan sayap mobil akan menggiring kotoran masuk ke mesin penyedot. “ PLN UIK TJB memastikan telah mengoperasikan dan menggunakan alat yang baik, efisien, efektif, bisa membersihkan jalanan di PLTU Tanjung Jati B, sehingga ramah lingkungan akan terus terjaga di PLTU TJB,” ungkap Kukuh.

Selain itu PLN UIK TJB akan senantiasa selalu mewujudkan misinya yaitu melaksanakan pengelolaan pembangkitan yang best practice sehingga didapatkan kinerja yang handal dan efisien serta mengoperasikan pembangkit dengan tata kelola yang excellent secara aman, ramah dan peduli terhadap lingkungan, tambah Kukuh.

Hadepe

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here