blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat peluncuran aplikasi Sitangkas yang berlangsung di Gedung Borobudur Mapolda Jateng. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Direktorat Binmas Polda Jateng luncurkan aplikasi Sitangkas, Kamis (14/10/2021).

Terobosan tersebut sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan mengedepankan peran Babinsa dan bhabinkamtibmas di tingkat desa saat ini.

Aplikasi Sitangkas diluncurkan langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto di gedung Borobudur Mapolda Jateng.

Selain peluncuran Sitangkas, Kapolda dan Pangdam memberikan penghargaan kepada sejumlah personel Polri maupun TNI yang dianggap berprestasi dalam penanggulangan Covid-19.

Luthfi mengatakan, aplikasi Sitangkas merupakan kolaborasi antara Polri dan TNI bersama stakeholder lainnya.

“Aplikasi tersebut diberikan Babinsa dan Bhabinkamtibmas termasuk stakeholder lainnya di tingkat desa,” ujar Luthfi.

Kapolda sepakat dengan Pangdam bahwa Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta Forkompinca merupakan pahlawan tanda jasa dalam penanggulangan Covid-19.

“Saya berencana dan sepakat bahwa kita semua akan mengapresiasi mereka yang merupakan tulang punggung dalam rangka penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro,” jelasnya.

Luthfi menyampaikan bahwa aplikasi Sitangkas digunakan untuk menjaga Harkantibmas. Pada aplikasi tersebut terdapat panic button yang bisa digunakan oleh masyarakat.

“Laporan dari masyarakat bisa langsung ditindaklanjuti para Babin di lapangan. Saya tekankan bahwa Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Harkantibmas,” tandas Luthfi.

Sementara Pangdam IV/Diponegoro mengapresiasi langkah Polda Jateng yang telah meluncurkan aplikasi Sitangkas.

“Saya berharap aplikasi ini bisa memberikan pelayanan publik kepada masyarakat lebih baik, dan lebih cepat,” ujarnya.

Rudi mengatakan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta tenaga kesehatan diberikan penghargaan karena telah berjuang menangani Covid-19.

“Mereka adalah pahlawan-pahlawan di lapangan yang tidak kenal lelah. Saya bangga pada kalian semua. Saya harapkan sinergitas kita ini tetap terjalin,” pungkasnya.

Ning