blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memegang Piala dan Piagam Penghargaan Parahita Ekapraya Utama 2020 di bidang kesetaraan gender.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen kembali meraih penghargaan Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Kemen PPPA.

Pemberian penghargaan berlangsung secara daring yang diikuti oleh para menteri, kepala daerah dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Sekda Ujang Sugiono, Kepala Dispermades PPPA Cokro Aminoto, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Iin Windarti, mengikuti secara daring di Gedung F Setda Kebumen, Rabu (12/10).

blank
Ketua Tim Penggerak PKK Kebumem Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto diapit para pejabat dan aktivis perempuan.(Foto:SB/Ist)

Bupati menyatakan, penghargaan itu  merupakan bentuk nyata dari kerja keras Pemlab Kebumen d untuk mewujudkan kesetaraan Gender. Perempuan harus diberikan peran lebih luas di ranah publik, atau di berbagai kegiatan sosial.

“Pemerataan gender di tingkat ASN juga sudah saya lakukan.  Untuk pengangkatan jabatan eselon II sudah ada lima orang, eselon III  camat juga sudah ada lima orang. Kemudian lurah juga ada tiga orang perempuan,”jelas Arif Sugiyanto.

Melindungi Hak Perempuan

Upaya pemerintah untuk mendukung pengarustamaan gender juga diwujudkan dalam belbagai kebijakan. Seperti halnya dikeluarkannya Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 2015 tentang Pengarustamaan Gender. Lalu ada juga Perda Perlindungan Anak No 3 Tahun 2013.

“Ada juga Perda tentang ASI Eksklusif, Perda tentang disabilitas dan Perda kawasan bebas rokok. Semua ini tentu dalam upaya mendukung kesetaraan gender di Kebumen dengan melindungi hak-hak perempuan,”tutur Bupati.

Arif Sugiyanto berharap upaya dan kerja keras Pemerintah dalam mendukung pengarustamaan gender terus ditingkatkan. Agar ke depan Kebumen bisa naik lagi meraih penghargaan Parahita Ekapraya (APE) untuk tingkat paling tinggi, yakni Mentor.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dipermades PPPA Kabupaten Kebumen Marlina Indrianingrum menambahkan, dalam penghargaan ini ada sejumlah tingkatan. Yakni Pratama, Madya, Utama, Mentor. Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya ada 12 kabupaten/kota yang dapat penghargaan tingkat utama.

Menurut Marlina, Kebumen dua kali berturut-turut selalu mendapat penghargaan Utama. Keuntungan dari penghargaan ini selalu mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pusat sebagai reward.

Tahun 2021 di Jateng hanya ada 25 kab/kota yang mendapat DAK, kemudian 2022 hanya 15 kab/kota. Ini yang patut kita syukuri,”tandas Marlina.

Komper Wardopo