Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, berkunjung ke pondok pesantren Latifah Mubarokah, Rabu (13/10/2021) malam. Foto: doc/ist

KEROM, PAPUA (SUARABARU.ID) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, berkunjung ke pondok pesantren Latifah Mubarokah di Kabupaten Kerom, yang diasuh oleh Kiai Mahfudz, Rabu (13/10/2021).

Pada kunjungannya itu, ia didampingi dengan Wakil Bupati Keerom, Waghfir Kosasih untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad.

Mengenakan mahkota adat Papua yang diberikan Waghfir Kosasih, Gus Yasin sapaan akrab Taj Yasin, berdakwah tentang keteladanan Rasulullah Muhammad.

“Kita sebagai umatnya sudah sepatutnya mengikuti apa yang disunnahkan, baik itu yang dhohir maupun batin, kebiasaan ataupun ibadah yang senantiasa beliau lakukan. Kalau kita hanya mengikuti apa yang beliau lakukan saja kurang pas, kurang sempurna apabila tidak menyertai dengan adab,” ucapnya.

Selain itu, Gus Yasin menjelaskan bahwa dengan menyertakan adab, maka ajaran Rasulullah yang diterapkan bisa menjadi lebih baik.

Ia pun juga memberikan contoh tentang ajaran yang beserta adab, salah satunya yakni melakukan pernikahan. “Sunnah Nabi itu banyak, tapi yang paling disenangi umatnya yakni nikah. Tidak hanya asal menikah, bahkan ulama banyak yang mendefinisikan atau memberikan tahapan tentang adabun nikah,” tuturnya.

Seperti halnya dalam pernikahan, yakni merawat anak-anak agar tumbuh menjadi anak yang Sholeh atau Sholehah. “Maka itu yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi wa salam, buat apa kita lakukan sunnahnya tapi tidak disertai dengan adab, tidak disertai dengan akhlak atau rententan yang menjadi sunnah tersebut,” jelasnya.

Ia berharap di bulan Maulid ini bahwa peringatan tersebut seharusnya umat Nabi Muhammad mengikuti ajaran tersebut.

“Di bulan maulid dalam memperingati maulid nabi, kita seharusnya melakukan (ajaran) itu, tidak hanya membaca sholawat saja tetapi bagaimana¬† ajarannya beliau bisa kita lakukan di kehidupan sehari-sehari,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, Wakil Bupati Keerom, Waghfir Kosasih, berharap Kabupaten Keerom menjadi tempat yang aman, nyaman, gemah ripah loh jinawi.

“Gus Yasin, nanti mudah-mudahan Kabupaten Keerom yang berada di ufuk timur senantiasa menjadi daerah aman, nyaman, tentram gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerta raharja subur kang sarwa tindanur . Berkenan sekiranya Gus Yasin mendoakan kami semua,” harapnya.

Hery Priyono

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here