blank
Forkopimda Blora mengikuti peluncuran Sitangkas Polda Jatang via daring, di Gedung Aryaguna Polres Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah meluncurkan Aplikasi Sitangkas secara daring melalui Zoom Meeting oleh Kapolda Jateng bersama Pangdam, dan Gubernur Jawa Tengah. Kamis, (14/10/2021).

Aplikasi Sitangkas adalah Sistem Informasi Tanggap Kolaboratif dan Responsif, dalam rangka Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas Dalam Membangun Sinergitas Dengan Masyarakat Menuju Police 4.0.

Launching aplikasi Sitangkas tersebut di ikuti secara serentak oleh seluruh Kepolisian Resor (Polres)  Jajaran Polda Jawa Tengah bersama Forkopimda masing masing melalui daring. Begitu juga di Polres Blora, kegiatan dilaksanakan di Aula Arya Guna Polres Blora yang diikuti oleh Forkopimda Blora.

Hadir Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati,ST,MM, Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK,  Dandim 0721/Blora yang diwakili oleh Pasi Log Kapten Lukman, serta Ketua DPRD Blora H.M.Dasum,SE,M.Ma, Kasat Binmas Polres Blora AKP Sudarto dan Kasi Humas Iptu Budi Yuwono serta Perwakilan Bhabinkamtibmas.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK mengungkapkan bahwa dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat lebih mudah terutama dalam penyampaian informasi ataupun laporan laporan kejadian masyarakat lainnya.

“Dengan aplikasi ini, diharapkan pelayanan kepolisian bisa makin prima. Tentunya dengan selalu menjalin sinergi TNI, Polri bersama Pemkab Blora untuk pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Kapolres Blora.

Pada kesempatan itu perihal aplikasi Sitangkas tersebut, Kasat Binmas AKP Sudarto akan memberikan pelatihan kepada anggota terutama Bhabinkamtibmas perihal penanganan laporan melalui aplikasi Sitangkas.

“Dengan diluncurkannya aplikasi ini, tentunya anggota terutama Bhabinkamtibmas harus bisa memahami dan dilaksanakan. Bahwa aplikasi Sitangkas ini untuk memudahkan pelayanan kepada warga masyarakat dan salah satu bentuk respon cepat para bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada warga masyarakat,” beber Kasat Binmas.

Sementara itu, Ketua DPRD Blora H.M. Dasum, SE, M.Ma. menjelaskan bahwa seluruh program pemerintah dan Polri ujung tombaknya adalah para bhabinkamtibmas sebagai pelaksana tentunya bersinergi bersama Babinsa dan perangkat desa, sehingga dibutuhkan anggota Polri yang tangguh, ulet dan sabar di lapangan.

“Luar biasa Sitangkas, kecanggihan teknologi menjadikan semua pelayanan serba cepat dan tepat sasaran, dengan aplikasi sitangkas para bhabinkamtibmas akan lebih memudahkan para anggota dilapangan nantinya,” tandas Ketua DPRD Blora.

Kudnadi