Peserta Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan Angkatan VIII bagi Guru SMP yang diselenggarakan oleh P4TK PPkn & IPS tahun 2021

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada cara menarik yang dilakukan oleh peserta Pelatihan  Penguatan  Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Angkatan VIII  bagi Guru SMP untuk terus melakukan desiminasi materi pelatihan.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh P4TK PPkn & IPS tahun 2021   itu sendiri   telah selesai dilakukan dari tanggal  23-28 September lalu di Hotel Tyci Malang, Jawa Timur. Namun 30 peserta Wasbang yang  berasal dari Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat sepakat untuk  terus melakukan desiminasi materi pelatihan secara bersama-sama melalui daring. Kali ini kegiatan diadakan tanggal 12 Oktober 2021.

Nurul Fajri Chikmawati SPd, guru SMP N 1 Mayong, Jepara saah satu peserta pelatihan Wasbang

Pelatihan tersebut  menghadirkan  tiga  narasumber yang berasal dari peserta  Pelatihan  Penguatan  Wawasan Kebangsaan yaitu  Haris Suwondo, S.Pd guru SMP Negeri Banjar Jawa Barat, Eko Darmanto SPd  guru SMP Negeri 2 Kamal Bangkalan Jawa Timur dan Resminiati SPd guru SMP Negeri 1 Purwodadi  Jawa Timur .

Acara dipandu oleh Marshalita Debby Pujiastuti M.Pd guru SMP Negeri 3 Lawang Jawa Timur, dan Selvi Servia guru SMP Negeri 80 Jakarta , Jakarta Timur,

Desiminasi materi pelatihan Wawasan Kebangsaan melalui daring

Haris Suwondo , menyampaikan materi  cara membuat video pembelajaran dengan  menggunakan aplikasi Kinemaster. Hari  sudah menghasilkan banyak video pembelajaran di channel youtubenya.

Sedangkan Eko Darmanto , menyampaikan materi membuat video pembelajaran dengan aplikasi canva dan comic life. Ia juga telah banyak menghasilkan video pembelajaran di channel youtubenya. Sedangkan  Resmiati menyampaikan materi  pembelajaran inovatif mengenal budaya Suku Tengger yang hidup di lereng gunung Bromo.

Harapan anggota Wasbang Angkatan 8,  akan banyak pelatihan dan berbagi ilmu untuk mengembangkan  pembelajaran inovatif   mengenal  suku-suku  lain yang ada di Indonesia. Ini untuk menumbuhkan kecintaan anak didik kepada bangsa dan negaranya. Juga untuk mengembangkan semangat persatuan dan kesatuan.

Hadepe – Nurul Fajri Chikmawati SPd, guru SMP N 1 Mayong

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here