Pegulat putra Papua Oloan S (kanan) berusaha melepaskan kuncian pegulat putra Jambi Tri Jaya (kanan) saat bertanding pada final Gulat Gaya Bebas kelas 125 Kg Putra PON Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (12/10/2021). Oloan S menang dan berhasil meraih medali perunggu.

MERAUKE (SUARABARU.ID) – Hari keenam cabang olahraga gulat PON Papua di GOR Futsal Dispora, Merauke, pada Rabu menjadi awal perjuangan para pegulat Greco-Roman.

Berbeda dengan gulat gaya bebas yang memungkinkan seluruh bagian tubuh digunakan dan diserang, di Greco-Roman pegulat dilarang mencengkeram bagian tubuh lawan di bawah lingkar pinggang atau menjegal dan menggunakan kaki untuk melakukan serangan.

Sebanyak 12 set medali telah diperebutkan para pegulat gaya bebas pada lima hari pertama, menyisakan enam set medali dalam dua hari terakhir pertandingan gulat.

Pegulat Jawa Barat Hamdian Rachmat Mubaroq menjadi favorit perebut emas kelas 60kg berbekal status juara bertahan PON sebelumnya.

Hamdian akan ditantang andalan Kaltim Suparmanto, Hasan Sidik (Jatim), Fauzul Adim (Banten), Bismi Fornandes (Bengkulu, dan Yaheskiel Okaseray yang akan mewakili tuan rumah.

Dari kelas 67kg, Muhammad Aliansyah berpeluang mengulangi final PON 2016 melawan Tri Wahono asal Bengkulu.

Arif Suro Dinoyo asal Jatim akan turut meramaikan kelas tersebut bersama , Pebrianto Sembiring (Sumut), Peri Budiawan (Jabar) dan Fernando Kaisepo (Papua).

Pada kelas 77kg, Kusno Hadi Saputra asal Kaltim akan berupaya memperbaiki hasil perunggu di PON sebelumnya ketika ia akan menantang Supriono (Jatim), Paulus Sarwa (Papua), Prija Iska Ahmad (Banten) dan Andika Sulaeman (DKI Jakarta).

Jawa Timur sementara ini memuncaki tabel perolehan medali gulat dengan lima emas, empat perak dan satu perunggu, diikuit oleh Jawa Barat dengan dua emas, satu perak, kemudian Kalimantan Selatan dengan dua emas dan tiga perunggu.

Tiga medali emas gulat lainnya dibawa pulang masing-masing oleh Kalimantan Timur, Papua dan Banten.

Berikut jadwal gulat hari kelima, Rabu (13/10):
13:00-15:30 WIT – Kualifikasi round robin gaya greco-roman kelas 60kg, 67kg, 77kg
15:30-18:00 WIT – Semifinal dan final gaya greco-roman kelas 60kg, 67kg, 77kg

Ant/Muha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here