SLAWI (SUARABARU.ID) – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr Dewi Aryani M.Si alias DeAr mencanangkan ‘Membangun Kawasan Buah Desa’ di 100 Desa yang ada di Kabupaten Tegal.

BIBIT BUAH – Dewi Aryani memperlihatkan bibit buah bantuan. (foto : nino moebi)

Pencanangan sebanyak 8.000 bibit pohon buah-buahan tahap awal diserahkan secara simbolis kepada kades-kades perwakilan tiap kecamatan di Kabupaten Tegal. Pencanangan dilaksanakan di lahan pertanian Desa Dukuhwringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, Selasa (12/10/2021).

Penyerahan simbolis bibit buah-buahan dilakukan langsung oleh Dewi Aryani, Dandim 0712 Tegal, Letkol Inf Carlie L Sondak dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tegal, Toto Subandrio.

Berbagai macam batang bibit buah seperti sawo jumbo, nangka merah, duku Palembang, duku tanpa biji, Pete Bangkok, kelengkeng mata pada, alpukat aligator, mangga arumanis, jeruk keprok Siem, jambu kristal, srikaya jumbo, kelapa entok, rambutan rapiah, manggis, durian bawor, jambu madu Deli disiapkan.

“Kawasan buah desa merupakan kawasan lahan tidur di desa-desa yang tidak produktif dan melalui program ini nantinya didayagunakan sebagai lahan untuk menanam aneka buah-buahan,” kata DeAr.

Diantara lokasi yang akan di tanami diantaranya pinggiran lapangan sepak bola, lahan-lahan wisata desa, halaman gedung pertemuan dan balai desa hingga pinggiran sungai di desa-desa dan lokasi lainnya.

DeAr berharap lahan tersebut nantinya menjadi kawasan produktif buah-buahan sehingga hasilnya dapat dinikmati warga desa.

Kepala desa dan karang taruna kata DeAr memiliki tanggung jawab untuk tidak saja merawat namun juga menjaga agar bibit-bibit yang di berikan dapat tumbuh subur dan kelak menghasilkan buah-buahan yang bermanfaat sehingga dapat membantu pemenuhan nutrisi vitamin dari buah untuk warga miskin termasuk bumil beresiko tinggi dari kalangan tidak mampu.

Gerakan Kawasan Buah Desa, hijau desanya, sehat warganya menjadi impian DeAr yang duduk di DPR RI dari dapil Jawa Tengah IX.

“Gotong royong harus terus di gaungkan dalam berbagai bidang termasuk dalam merawat kawasan buah desa ini,” pungkas DeAr.

Nino Moebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here