blank
Anggota Polrestabes Semarang bersama Forkopimda Kota Semarang menanam pohon Mangrove di Pantai Tirang Kecamatan Tugu, Kota Semarang  Selasa pagi jam 08.00 WIB, (12/10/2021). Foto : Dok Humas Polrestabes Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolrestabes Semarang bersama Forkompimda Kota Semarang melaksanakan program “Polda Jateng Mageri Segoro”, dengan menanam pohon mangrove di pesisir pantai Tirang Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Upaya penyelamatan lingkungan pantai dan pemulihan ekonomi masyarakat pesisir yang dilakukan oleh Polda Jateng, melalui program Mageri Segoro dilakukan serentak oleh Polres jajaran di wilayah Polda Jateng. Begitu pula di wilayah Kota Semarang, kegiatan dilakukan di pesisir pantai Tirang kecamatan Tugu kota Semarang pada hari Selasa pagi jam 08.00 (12/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, S.I.K., S.H, M.Hum yang hadir memimpin langsung menyampaikan, penanaman pohon mangrove banyak sekali manfaat nya dari sisi ekologis maupun ekonomis.

“Dilihat dari fungsi ekologis dan ekonomis sangat bagus, untuk dilanjutkan dan pengembangan penanaman pohon mangrove di tepi-tepi laut. Hari ini, sebanyak 2000 pohon mangrove kita tanam dan nantinya secara bertahap, akan kita tanam sebanyak 4.2500 pohon mangrove di tepi laut kota Semarang,” jelas Kapolrestabes Semarang

Penanaman pohon mangrove sendiri mempunyai manfaat ekologis di antaranya sebagai filter laut, mencegah abrasi dan juga sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, berkembang biak binatang laut.

Sementara untuk manfaat ekonomis, hutan mangrove dapat menjadi obyek wisata dan juga kebutuhan hidup masyarakat sekitar. Ditambahkan oleh Kapolrestabes Semarang, nantinya selain mageri segoro Polrestabes Semarang berkoordinasi dengan pemerintah Kota Semarang, juga akan melaksanakan program Mageri Kota.

“Rencananya setelah kegiatan mageri segoro ini, kita sudah berkoordinasi dengan pemkot Semarang  akan melanjutkan program Mageri Kota, yakni sasarannya di tepian bantaran kali atau sungai di kota Semarang, seperti di wilayah Kaligawe,” tambah Kapolrestabes Semarang

Penanaman pohon mangrove di tepian pantai tirang tersebut, juga menggandeng mahasiswa serta para petani mangrove.

Salah satunya Surori, petani mangrove dari kelompok tani mangrove lestari kelurahan Mangunharjo, Tugu, Semarang. Dalam kesempatan tersebut bapak Surori mengapresiasi program Polda Jateng Mageri Segoro.

“Sangat bagus sekali, respon dari bapak Kapolda Jawa tengah bentengi laut atau bentengi segoro, istilahnya sebelum habis kita tanami dulu, karena sangat banyak sekali manfaatnya  apabila pohon mangrove sudah tumbuh bagus. Makanya kota Semarang harus mempunyai hutan mangrove,” ucap Surori.

Absa