Brigadir Satu Taruna, M Arshan Rachman, memberikan penjelasan mengenai kegiatan Porsimaptar XXI, dalam temu pers secara virtual, Senin (11/10/2021). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Setelah beberapa kali penyelenggaraan Pekan Olahraga, Seni Mahasiswa, Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) dilakukan secara offline, kali ini even yang digelar Akademi Kepolisian, pada Senin-Jumat (18-22/10/2021) mendatang itu, dilakukan secara semi virtual. Hal itu dilakukan, mengingat situasi saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19.

Mengambil tema ‘Revolution In Retrovolution’, Porsimaptar XXI yang mengusung slogan ‘Muda, Kreatif dan Inovatif’, akan menyuguhkan kegiatan dan perlombaan yang menarik untuk diikuti.

”Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Porsimaptar kali ini hadir dengan membawa pesan untuk mengedepankan kekayaan budaya dan juga kemajuan teknologi,” kata Ketua Porsimaptar, Brigadir Satu Taruna Arshan Rachman, dalam keterangan persnya yang dilakukan secara daring, Senin (11/10/2021).

BACA JUGA: Polresta Surakarta Musnahkan Ribuan Knalpot Brong Sitaan

Dijelaskan dia, dalam even ini akan digelar Lomba Karya Tulis Ilmiah, Poster Design Contest, English Competition: Speech dan Newcasting, Art Competition: Lomba tari, vokal, dan band, E-Sport: Mobile Legend, Valorant, dan PUBG serta Short Movie Competition.

”Walau ada keterbatasan dengan situasi dan kondisi yang ada, kami tak hilang akal untuk turut mengadakan perlombaan berbasis olahraga. Kami pun menggaet iRace Indonesia, dalam perlombaan Virtual Race, yang terbagi dalam Virtual Ride sejauh 54 km dan Virtual Race sejauh 21 km,” imbuhnya.

Menurut dia, lomba ini menghadirkan langsung juri internasional, dua di antaranya adalah Shan Shuhas Kumar (India) dan Andres Paraguirre (UNDP Mexico), serta beberapa jajaran pendidik dari universitas di Indonesia.

BACA JUGA: DPRD Kebumen Ajukan Raperda Inisiatif Perlindungan Petani

Selain itu, Porsimaptar juga menggandeng Senandung Nacita untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara webinar Nasional, selaku moderator. Acara ini berlangsung dalam dua sesi, dengan narasumber yang inspiratif dan inovatif.

Porsimaptar tahun ini juga menampilkan Display Drum Corps Cendrawasih Akpol dan berbagai kesenian lainnya, yang akan dikemas dalam bentuk theatrical mascot Porsimaptar dari opening.

Panitia juga membuka semua akses, mulai dari situs resminya, porsimaptar.id atau akun media sosial @porsimaptarakpol di Instagram, dan Porsimaptar XXI di akun Youtube, untuk pendaftaran dan informasi terbaru.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here