blank
Tim Menembak Jateng nomor Beregu Campuran 10 Meter Air Pistol, tampil sebagai yang terbaik dan berhak mendapat medali emas, berfoto bersama Andy Hendrata (tengah). Foto: pbponxxpapua/soleha

SENTANI (SUARABARU.ID)– Kepala pelatih cabang olahraga menembak Jawa Tengah, Andy Hendrata optimistis, dua atlet mudanya, Muhammad Iqbal Raia Prabowo dan Arista Perdana Putri Darmoyo, akan masuk daftar atlet Pelatnas Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) di Jakarta.

”Mereka sudah ikut dalam program pembinaan dan pelatihan PB Perbakin di Jakarta. Bahkan mereka sempat ikut dalam uji coba ke Kazakhstan sebelum ikut PON ini,” kata Andy, usai final menembak nomor Beregu Campuran 10 Meter Air Pistol PON XX/Papua, di Lapangan Menembak Indoor, Sentani, Distrik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021).

Iqbal dan Arista merebut medali emas nomor Beregu Campuran dengan perolehan poin 16 pada babak final, atas tim Bali.

BACA JUGA: Dilarang Nyopir Truk, Remaja Kudus Ini Nekat Gantung Diri

Iqbal dan Arista melenggang ke babak final, setelah mendapatkan 378 poin, pada babak kualifikasi. Mereka menghadapi tim Bali yang terdiri dari I Kadek Rico Vergian Dinatha dan Lily Sulistyadewi Tirthajaya, yang meraih 374 poin pada babak kualifikasi.

”Ini adalah PON pertama bagi mereka. Di Semarang, mereka berlatih di lapangan tembak GOR Jatidiri,” imbuh dia.

Ditambahkannya, program pembinaan dan pelatihan dari PB Perbakin akan berlanjut pada 1 November mendatang. Sedangkan pelatnas menembak diperkirakan pada Mei 2021, mengacu jadwal penyelenggaraan SEA Games Vietnam.

BACA JUGA: Mulai Banyak Pengunjung ke Magelang, Polisi Akan Hadir di Tengah Masyarakat

”Kami masih harus bekerja keras, terutama untuk mencari atlet-atlet potensial yang digembleng sejak awal,” terang Andy, mengacu kepada pencapaian medali tim Jawa Barat, pada cabang menembak PON Papua, yang berpotensi menjadi juara umum.

Dalam cabang menembak, tim Jateng mengumpulkan satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. Semua medali itu diperoleh Iqbal, masing-masing pada nomor 10 Meter Air Pistol Individu Putra (perak), nomor 10 Meter Air Pistol Beregu Putra (perunggu) dan nomor Beregu Campuran 10 Meter Air Pistol (emas).

Riyan