blank
Lapas Kelas I Semarang menambah kamera pengawas (CCTV) disetiap sudut area tembok terluar Lapas. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menambah pemasangan kamera pengawas (CCTV) disetiap sudut area tembok terluar Lapas, Kamis (7/10/2021).

Pemasangan ini dimaksudkan untuk memperkuat pengawasan terutama pada tembok terluar Lapas atau beranggang.

Kalapas Semarang, Supriyanto menjelaskan, dengan pemasangan CCTV petugas bisa mengontrol secara berkala situasi setiap lingkungan Lapas. Namun hal tersebut tidak membuat petugas melalaikan tugasnya. Petugas tetap harus melaksanakan kontrol secara langsung kondisi dan keamanan lingkungan.

“Hal ini penting untuk membantu deteksi dini gangguan keamanan, serta membantu petugas dalam melakukan pengawasan secara optimal,” ujar Supriyanto.

Disebutkan bahwa Lapas Semarang rawan adanya penyelundupan barang terlarang seperti telepon genggam dan barang haram narkoba. “Akhir-akhir ini, masih sering terjadi upaya penyelundupan narkoba dengan cara melempar melalui tembok luar Lapas,” tandasnya.

Menurut Supriyanto, dalam penambahan kamera pengintai ini akan terus dilakukan. Sebab, masih ada beberapa titik yang belum terpantau.

Diketahui, Lapas Semarang sudah terpasang 54 kamera pengintai yang tersebar di berbagai sudut Lapas. ”Kita tambah lagi 6 kamera CCTV pada tembok belakang Lapas yang bersampingan dengan lahan kosong warga sekitar. Secara bertahap akan dilengkapi,” katanya.

Selain menggunakan CCTV, lanjut Supriyanto, pihak Lapas juga mengawasi dari atas tembok. Petugas yang bertugas mengawasi juga dilengkapi dengan senjata laras panjang. Pihaknya akan terus berupaya menekan angka pelanggaran yang terjadi di Lapas.

Ning