blank
A Ershad, Ketua Forum Demak Kreatif berbincang dengan Wakil Bupati Demak Ali Makhsun dalam hal program di bidang manajemen usaha dalam kepengurusan Dekranasda Kabupaten Demak. Foto : Dok Istw

DEMAK (SUARABARU.ID) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Demak dalam kepengurusan baru masa bhakti 2021-2026 menggandeng Forum Demak Kreatif (FDK), yang  dikukuhkan oleh Bupati Demak dr Hj Estianah, SE di Aula Pendapa Kabupaten Demak, Rabu (06/10/2021).

Dalam arahannya, Bupati Demak menyampaikan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah itu dibentuk bertujuan untuk membantu para pengrajin-pengrajin lokal dan UMKM dalam berbagai sektor. Yaitu seperti pemasaran, pelatihan, kuliner dan lain sebagainya.

“Dengan adanya kerja sama yang apik antara masyarakat dan pemerintah, ditambah dengan kehadiran DEKRANASDA, Saya yakin tidak perlu waktu lama bagi UMKM dan hasil kerajinan yang ada di Demak untuk dapat semakin bertumbuh dan berkembang pesat,” jelas Hj Estianah.

blank
Jajaran Pengurus DEKRANASDA Kabupaten Demak masa Bhakti 2021-2026 yang baru dikukuhkan berfoto bersama di depan Aula Pendapa Kabupaten Demak, Rabu (6/10/2021). Foto : Dok Istw.

Sementara Ny. Ali Makhsun, Ketua DEKRANASDA Kabupaten Demak yang baru dikukuhkan menyampaikan, DEKRANASDA Kabupaten Demak ini dibentuk, merupakan salah satu upaya mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Demak, sekaligus  sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah dan turut serta untuk mensukseskan pembangunan daerah.

“Dengan berfungsinya DEKRANASDA secara optimal, maka DEKRANASDA dapat mencapai tujuan utamanya, untuk mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati,” ujar istri Wakil Bupati Demak ini.

Pada kesempatan itu, disampaikan pula oleh A Ershad, Ketua Forum Demak Kreatif, bahwa adanya DEKRANASDA bisa membantu meningkatkan kesejateraan masyarakat.

Dengan menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa. Selain itu, dapat membina penemuan dan penggunaan teknologi baru, serta menanamkan kesadaran kepada masyarakat, terhadap pentingnya seni kerajinan daerah.

“DEKRANASDA bisa Memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan para pengrajin membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan di bidang industri kerajinan, nemperluas pangsa pasar hasil kerajinan daerah,” Ketua FDK yang juga membidangi Bidang Manejemen Usaha di Kepengurusan DEKRANASDA Kabupaten Demak yang baru dikukuhkan itu.

Untuk itu kepada seluruh Pengurus DEKRANASDA Kabupaten Demak yang baru terbentuk, diharapkan agar membuka tangan seluas-luasnya untuk merangkul para kelompok industri kecil dan menengah atau perorangan, untuk bersama-sama bekerjasama di dalam membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Demak.

Selain dihadiri oleh Bupati Dan Wakil Bupati Demak, hadir pula Sekretaris Daerah, para Asisten dan para kepala OPD terkait beserta jajarannya.

Absa