Para peserta nomor lintas alam pada cabang olahraga paralayang, di arena Kampung Buton, Kota Jayapura. Foto: antara

JAYAPURA (SUARABARU.ID)– Tim Jawa Tengah menduduki urutan pertama, lomba paralayang pada tiga dari empat nomor lintas alam, yakni Individu Putra, Beregu Putra dan Beregu Putri.

Meet Director (MD) untuk kegiatan Paralayang PON XX/Papua, Alfari Widyasmara mengatakan, cabor ini sudah memasuki hari keempat.  Hari ini menyelesaikan babak pertama nomor Lintas Alam (Cross Country), baik untuk kategori Individual Putra, Individual Putri, Beregu Putra dan Beregu Putri.

‘’Lomba nomor tandem lintas alam ini dimulai sejak pukul 10.00 pagi, Biasanya lomba paralayang lintas alam dilakukan siang hari. Namun di Tanah Papua ini, potensi thermal sudah terbentuk sejak pagi hari, sehingga dapat mulai kegiatan ini sejak awal,’’ kata Alfari dalam keterangannya, Selasa (5/10/2021).

BACA JUGA: Warga Minta Bupati Segera Hentikan Kades Sriwedari Dari Jabatannya

Sementara itu, Ketua Paralayang Indonesia, Wahyu Yudha menambahkan, nomor lintas alam adalah terbang setinggi-tingginya, dan secepat-cepatnya, guna dapat memenuhi rute (waypoints), yang sudah ditentukan sebelumnya.

‘’Pemenang dari nomor ini adalah atlet yang dapat memenuhi rute secara lengkap, dan mencapai garis finish secara cepat,’’ terang Wahyu.

Menurut dia, paralayang nomor lintas alam adalah nomor lomba yang harus mengandalkan angin serta thermal secara baik.

BACA JUGA: Presiden pada Upacara Hari TNI: Perang Lawan Pandemi Kuras Tenaga, Pikiran, dan Semangat Juang

‘’Hal ini guna dapat mempertahankan paralayang di udara setinggi mungkin, dan memenuhi rute yang ada secepat mungkin,” ujarnya.

Dia menyebutkan, nomor lintas alam diikuti seluruh atlet yang terdiri dari 46 atlet putra dan 18 atlet putri, yang berasal dari sembilan provinsi. Di mana kegiatan ini dilaksanakan di arena paralayang Kampung Buton, Kota Jayapura.

Hasil dari lomba paralayang nomor Lintas Alam Individu Putra, posisi pertama Damar Aziz Prasidya (Jateng), kedua M Rizky Dhermawan (Jatim) dan urutan ketiga Rio Indrakusumah (DKI Jakarta).

BACA JUGA: Facebook: Penyebab Gangguan Layanan WhatsApp dan Instagram di Temukan

Sedangkan nomor Individu Putri untuk urutan pertama Rina Kusuma Ningrum (Sumbar), kedua Pricilla Monica Runtulalo (DKI), posisi ketiga Tini Mariana Pertiwi (Jateng).

Selanjutnya nomor Beregu Putra untuk urutan pertama Jateng, kedua Jatim, dan ketiga DKI Jakarta. Lalu nomor Beregu Putri, urutan pertama Jateng, kedua DKI Jakarta dan ketiga Jatim.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here