blank
Kelompok peserta saat melakukan pemrograman robot nya pada sesi babak final lomba Robotik Jepara 2021 ( Foto : Wahyudi )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Lomba Robotik Tingkat Kabupaten Jepara yang diikuti oleh 20 tim dari SMP / MTs  akhirnya dimenangkan oleh Tim Robotik Noisy Boy SMPN 1 Pecangaan. Sedangkan juara  2 dan 3 diraih oleh Tim Robotik Doraemon dari SMPN 1 Jepara dan Tim Robotik Jimny dari SMPN 1 Mlonggo.

Dalam kegiatan yang diadakan oleh Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Jepara  pada Rabu – Kamis (29-30/9) ini para pemenang mendapat hadiah berupa trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

blank

Kegiatan tersebut menurut  Kepala Bappeda Jepara Subiyanto adalah untuk meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitasnya secara maksimal. Hal ini untuk merangsang daya pikir kritis dan analitis guna menjalani kehidupannya kelak.

Kegiatan selama dua hari yang dipandu oleh Tim dari Taman Pintar Jogjakarta ini diikuti peserta dengan sangat antusias. Mereka aktif memberikan respon atas penjelasan yang diberikan. Selain itu juga tidak sedikit peserta yang aktif bertanya terkait dengan pemrograman robotik.

blank
Kelompok peserta saat melakukan pemrograman robot nya pada sesi babak final lomba Robotik Jepara 2021

Selanjutnya pada hari kedua seluruh peserta mengikuti lomba pemrograman robotik “Si Robo” tanpa adanya arahan dari guru pendamping masing-masing. Setelah sehari sebelumnya mereka didampingi dalam guru pendamping dalam mengikuti pelatihan dan pemrograman robotiknya.

Peserta diminta menyelesaikan misi ekspedisi SI Robo untuk menuju suatu lokasi dengan ketentuan rute yang telah ditetapkan dalam soal. Mereka diadu ketrampilannya dalam pemrograman, penyelesaian misi dan pengumpulan poin serta kecepatan penyelesaian misi yang ada.

blank

Sementara itu, Kabid Litbang Bappeda, Elly Widiyastuti mengatakan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan pengembangan Science Center Jepara yang bertujuan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan kegiatan robotik di kalangan siswa-siswi SMP/MTs se kabupaten jepara.

Pihaknya berharap ke depan kegiatan ini akan semakin semarak di masyarakat dan semakin meningkat lagi. Sehingga kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan ilmu pengetahuan atau science semakin digemari oleh masyarakat pada umumnya.

Hadepe – Wahyu