blank
Kehadiran Ganjar di Mimika, disambut hangat masyarakat Jateng yang bermukim di tanah Papua. Foto: sigitpr

MIMIKA (SUARABARU.ID)– Bandara Mozes Kilangin, di Mimika, Papua, mendadak ramai dipenuhi ratusan orang, Senin (4/10/2021). Bukan hanya warga asli Papua, namun ratusan perantauan termasuk dari Jawa, datang berbondong-bondong ke sana.

Dengan antusias, mereka rela menunggu lama menantikan tamu istimewa yang mendarat di Mimika siang itu. Dia adalag Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Ganjar terbang dari Jayapura ke Mimika, untuk menyemangati sejumlah atlet yang berlaga di PON XX/Papua.

Ketika turun dari pesawat sekitar pukul 11.45 WIT, Ganjar langsung disambut Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, dan beberapa jajaran pejabat saja. Ganjar langsung dikalungi Noken, dan disematkan topi khas Papua.

BACA JUGA: Dessi dan Putri Gagal di Nomor Floret Perorangan Putri

Namun suasana langsung berubah, ketika Ganjar keluar dari dalam terminal bandara. Di sana, ratusan masyarakat sudah berdesakan di pintu keluar sambil berteriak-teriak memanggil namanya.

Uniknya, dalam penyambutan kedatangannya itu, bukan tarian khas Papua yang digelar, justru, tarian kuda lumping dan Kethek Ogleng. Dua penari berpakaian seperti kera putih, menari-nari di depan rombongan, diiringi alunan musik gamelan.

”Kami dari Banyumas Pak. Selamat datang Pak, kami wargamu Pak,” teriak mereka.

BACA JUGA: Mawar Hartopo Dorong Kader Posyandu Manfaatkan Teknologi Komunikasi

Ganjar pun dengan ramah melayani masyarakat yang ingin tos dengannya. Beberapa kali, Ganjar juga berhenti sejenak untuk melayani masyarakat untuk swafoto. Perjalanan dari pintu ke luar sampai ke parkiran memakan waktu cukup lama, karena begitu antusiasnya masyarakat menyambut kedatangannya.

Di Mimika, Ganjar rencananya akan menjadi suporter di sejumlah cabang olahraga yang dilombakan selama dua hari. Ada banyak cabang olahraga yang dipertandingkan di Mimika.

Di antaranya panjat tebing, atletik, basket, terbang layang, judo, tarung derajat, aeromodeling, dan beberapa cabor lainnya. Sejumlah atlet Jateng disebut berpotensi meraih medali emas dalam cabang-cabang olahraga yang digelar di tempat itu.

Sigit PR