SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Melalui doa anak yang sholeh, Allah akan jadikan sebagai pahala yang akan tetap mengalir kepada orang tuanya.

Berikut beberapa amalan yang dapat dilakukan seorang anak agar orang tua terjauh dari siksa kubur:

1. Bersedekah untuk Orang Tua

Amalan pertama adalah dengan bersedekah mengatasnamakan orang tua yang sudah meninggal, maka hal itu diyakini akan sampai kepada orang tua kita.

Bersedekah disini bisa bermacam-macam bisa berupa uang, makanan hingga hewan kurban kambing atau sapi saat idul adha, yang penting ikhlas dan atas nama mereka.

2.Mendoakan dan Memohon Ampunan Baginya

Amalan yang memberikan kebaikan setelah orang tua meninggal selanjutnya adalah doa yang tulus dari seorang anak kepada orang tuanya.

Doa tersebut mencakup doa rahmat, meraih surga, selamat dari siksa neraka dan istighfar memohon ampun untuk orang tua.

3. Menjaga Silaturahmi dengan Keluarga dan Melunasi Hutang Orang Tua

Hal terakhir yang bisa dilakukan anak untuk meringankan siksa kubur dan menambah amal orang tuanya adalah dengan menjaga hubungan silturahmi seluruh saudara dan orang-orang yang menjadi teman dekat kedua orang tua. Jika masih ada hutang orang tua, anak juga berkewajiban melunasi semua hutang-hutang yang dimiliki mereka semasa hidupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here