blank
Tim SAR Gabungan bersama masyarakat berada di Pantai Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal, Kebumen, guna menunggu dua nelayan yang hilang terseret ombak.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN – (SUARABARU.ID) – Dua orang nelayan hilang terseret ombak saat menjaring ikan di Pantai Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal, Kebumen, Sabtu (2/10)sekitar Pukul 10.30.

Kedua  korban yang hilang tersapu ombak atas nama Sofyan Sauri (55) beralamat RT 001/RW 003 Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal, dan Mugiono (32) warga RT 003/RW 004 Desa Sumberjati, Kecamatan  Ambal.

Menurut Camat Ambal Bambang Budi Sanyoto, dua orang saksi dalam peristiwa nahas itu Jumiko (43) dan Purnomo (33), keduanya juga warga Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal yang sedang menjaring ikan.

Menurut keterangan saksi, pagi itu ada tiga orang sedang menjaring ikan di lokasi kejadian atas nama Sofyan, Mugiono dan Jumiko. Pada saat kejadian, korban Sofyan dan saksi Jumiko sedang memasukkan jaring ke tengah laut. Sedangkan korban Mugiyono memegang tali jaring di belakang.

Namun beberapa saat kemudian korban Sofyan melepas jaring dan saksi Jumiko mengambil tali tambang di darat. Setelah jaring sudah masuk dan dikondisikan oleh korban Sofyan dan Mugiono, tiba-tiba ada tali yang menyangkut kaki kanan korban atas nama Sofyan dan terseret ke tengah laut.

Mengetahui hal tersebut Mugiono dan Jumiko langsung menahan dan mencoba menarik ke darat. Karena kuatnya arus, kedua orang tersebut tidak kuat dan akhirnya terlepas. Namun nahas ada tali yang menyangkut di tangan korban Mugiono sehingga korban pun ikut terseret ombak ke tengah laut.

Melihat hal tersebut kemudian saksi Jumiko langsung mencari pertolongan ke warga sekitar dan meneruskan ke Muspika dan BPBD Kebumen.

Saat ini BPBD Kebumen telah di lokasi kejadian mendirikan Posko dan berkoordinasi dengan BASARNAS Cilacap, Mereka melakukan pencarian korban bersama Polsek Ambal dan Koramil Ambal serta masyarakat setempat didukung sukarelawan.

Komper Wardopo