blank
Warga setempat dan relawan BPBD, berusaha memadamkan api di Pasar Sukoharjo Wonosobo. Foto: SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Diduga akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik, sejumlah lima ruko di Pasar Sukoharjo, Wonosobo, Kamis (30/9/2021) pagi tadi, terbakar.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Bambang Trie melaporkan, berdasarkan keterangan saksi mata, api berasal dari salah satu ruko yang mengeluarkan asap di bagian atapnya.

”Asap diperkirakan bersumber dari api yang menyulut barang di dalamnya dan mengakibatkan kebakaran. Sumber api diduga dari korsleting listrik,” jelasnya.

BACA JUGA: Saat Pandemi, Realisasi PBB P2 Naik 19,61 Persen

blank
Rumah ATM Bank Jateng di Pasar Sukoharjo Wonosobo yang terbakar. Foto: SB/dok

Bambang menyebut, ruko yang terbakar masing-masing milik Edi Supeno Banjarsari Sukoharjo, yang merupakan ruko kosong, dan ruko sembako milik Samain Dwi R warga 01/01 Garung Sukoharjo.

Selain itu juga, ruko Salon milik Gito Sampih Sukoharjo, Ruko ATM Bank Jateng dan Ruko Bank Wonosobo. Ruko ATM hanya rusak di bagian rumah ATM saja, tidak sampai merusak mesin ATM.

Menurut Bambang, api berhasil dipadamkan setelah warga setempat bersama relawan BPBD dan tim SAR, menyemprotkan air ke sumber api. Lambat laun api pun dapat padamkan.

”BPBD Wonosobo menerjunkan 12 personel, dua unit mobil kebakaran dan dua unit mobil tangki air. Relawan BPBD dan Tim SAR bersama warga setempat juga berusaha memadamkan api,” tandasnya.

Muharno Zarka-Riyan