blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Tegal menerima bantuan 50 oksigen dari Bank Indonesia (BI). Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, M Taufik Amrozy diterima oleh Plt Direktur RSUD Kardinah, dr Agus Dwi Sulistyantono disaksikan oleh Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono di Pringgitan Komplek Balai Kota Tegal, Jum’at (24/9/2021).

blank
OKSIGEN – Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, M Taufik Amrozy menyerahkan tabung oksigen kepada Plt Direktur RSUD Kardinah, dr Agus Dwi Sulistyantono disaksikan oleh Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono. (foto: dok/ist)

Sebanyak 50 tabung gas dengan ukuran volume 6 meter kubik beserta isinya tersebut merupakan Program Sosial Bank Indonesia senilai Rp 225.500.000,00.

Usai menerima bantuan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan bantuan dari Bank Indonesia ini akan di serahkan ke RSUD Kardinah.

“Bantuan dari Bank Indonesia ini akan di serahkan ke RSUD Kardinah, bantuan ini sangat bermanfaat karena RSUD Kardinah merupakan rumah sakit rujukan untuk Kota Tegal dan daerah sekitarnya, sehingga kita sangat membutuhkan sekali,” ujar Dedy Yon.

Tabung cadangan ini sangat penting disaat liquid oksigen di rumah sakit mengalami kehabisan.

Selain itu, tabung bantuan ini bisa di berikan ke Puskesmas-puskesmas apabila dibutuhkan. Nantinya bisa dikirim dari RSUD Kardinah.

Wali Kota Tegal juga menjelaskan kondisi di Kota Tegal per Jum’at (24/9/2021), untuk pasien rawat inap positif Covid-19 ada tiga orang dan isolasi mandiri positif Covid-19 juga ada tiga orang.

Wali Kota berharap mudah-mudahan di akhir bulan Oktober, warga yang terpapar sudah sembuh semua.

Sedangkan untuk capaian vaksin dosis pertama, Wali Kota menyebut sudah mencapai 91 persen dan vaksinasi dosis kedua sudah 48 persen.

Menurut Dedy Yon terkait vaksinasi, masih ada keterlambatan untuk vaksin dosis kedua. “Ini ada keterlambatan 1,5 bulan. Saya berharap Dinas Kesehatan Provinsi menyampaikan ke Pemerintah Pusat untuk ketersediaan vaksin tahap kedua,” pinta Wali Kota.

Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, M Taufik Amrozy menyampaikan bahwa bantuan tersebut sesuai dengan Surat Bank Indonesia Nomor 23/2471/DKom-GPS-PSBI/Srt/B Tanggal 1 September 2021 Perihal Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), didedikasikan untuk negeri dalam mendukung dan sebagai sarana penunjang penanganan darurat pandemi Covid-19.

Amrozy mengatakan bantuan ini merupakan program BI Pusat yang di salurkan ke Kantor-kantor Perwakilan BI dan untuk Kantor BI Perwakilan Tegal, mendapatkan 125 tabung.

Dari 125 tabung oksigen tersebut dibagi ke Kota Tegal mendapat 50 tabung, 40 tabung untuk Kota Pekalongan dan 35 tabung untuk Kabupaten Brebes.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu RSUD dan Pemerintah Daerah dalam menangani pandemi covid-19,” harap Taufik.

Nino Moebi