blank
Dandim menanam bibit pohon penghijauan, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Kodim 0705/Magelang bersama Forkompincam Sawangan melaksanakan penanaman pohon di objek wisata Watu Nganten, tepatnya di Bantaran Kali Pabelan, Dusun Ngentak, Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (25/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, Kasdim Mayor Inf Sudarno, Danramil 12/Sawangan Kapten Arh Suhadi, Kapolsek Sawangan AKP Tugimin dan Camat Sawangan Yusuf Ari Wibowo.

Dandim 0705/Magelang menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan lingkungan hidup itu mengusung tema: Bersinergi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Selain melestarikan lingkungan, tujuan penanaman pohon di tempat wisata yang baru dibuka di masa pandemi Covid-19 itu untuk mempromosikan objek wisata di wilayah Sawangan.
“Semoga ke depan suasana tempat wisata ini menjadi lebih indah, bagus dan ramai,” harapnya.

Lebih lanjut Letkol Rohmadi mengatakan bahwa awalnya lokasi wisata Watu Nganten merupakan areal persawahan. Namun pada tahun 2010 terdampak lahar dingin dari erupsi Gunung Merapi, kemudian menjadi sungai. Sehingga aktivitas warga saat itu jadi penambang dan lahannya menjadi kurang potensial. Akhirnya oleh warga desa dibuat tempat wisata.

“Karena di tempat ini pohon masih kecil dan belum teratur, maka pagi ini kami menanam pohon secara teratur untuk pelestarian lingkungan. Ada 600 batang bibit pohon apokat, kelengkeng, jambu, mangga, durian. Tentunya ini akan menambah nilai plus keindahan untuk mendukung sektor wisata di wilayah Sawangan,” tandasnya.

Untuk mencapai lokasi penanaman pohon di Watu Nganten, Dandim Magelang beserta anggota yang tergabung dalam Moto Yuyu Cycling melaksanakan gowes atau bersepeda dengan menempuh jarak kurang lebih 22 km.

Camat Sawangan, Yusuf Ari Wibowo, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Dandim beserta jajaran yang telah mengagendakan penanaman pohon di Watu Nganten. Penanaman pohon itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan TMMD Reguler Ke-112 di wilayah Sawangan.

“Kami mendoakan, penanaman pohon yang dilaksanakan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Mudah-mudahan menjadi amal kebaikan dari Bapak Komandan Kodim dan seluruh jajaran yang telah mengagendakan acara ini,” sambung Yusuf.

Ikut hadir dalam acara itu Perwira Staf Kodim 0705/Magelang, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana XXV Kodim Magelang, Kepala Desa Sawangan, Bintara Otonomi Khusus Papua dan perwakilan Menwa Untidar Magelang.

Eko Priyono