Kegiatan donor darah Kesdam IV/Diponegoro dalam rangka HUT TNI ke 76. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang HUT TNI ke-76 yang jatuh pada 5 Oktober mendatang, Kodam IV/Diponegoro menggelar kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) donor darah yang diikuti prajurit, PNS Kodam IV/Diponegoro, dan Persit.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Diponegoro, Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong Semarang itu mengusung tema ‘Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang’.

Dalam pelaksanaan kegiatan donor tersebut, terlihat antusiasme para peserta, baik dari para istri prajurit maupun Persit ikut berpartisipasi mendonorkan darah.

Kakesdam IV/Diponegoro, Kol Ckm dr. Akhmad Rusli Budi A., Sp.B., M.A.R.S. melalui Kasi Keskesprev Mayor Ckm Joko Mariyono, S.H. menyampaikan,
aksi sosial tersebut sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap sesama.

Selain dari pihak Kesdam IV/Diponegoro, kegiatan tersebut juga melibatkan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.

“Dalam kegiatan donor darah ini, Kesdam IV/Diponegoro menargetkan 700 kantong darah untuk membantu UTD PMI. Mengingat stok darah di PMI Kota Semarang semakin menurun karena kegiatan pengambilan darah di luar PMI secara mobile dibatasi selama pandemi, padahal persediaan darah sangat dibutuhkan untuk kebutuhan medis,” ungkapnya, Jumat (24/9/2021).

Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Enjang, S.I.P., menambahkan, bahwa sedikit darah yang disumbangkan akan memberikan harapan besar dan membantu banyak orang yang membutuhkan. “Ini adalah bentuk kontribusi positif TNI untuk masyarakat terutama Kota Semarang,”

TNI selalu berupaya untuk bisa berperan aktif dalam membantu masyarakat, salah satunya melalui aksi sosial donor darah. Dengan kita menyumbangkan darah, kita akan memberikan harapan dan bisa menyelamatkan nyawa seseorang,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan ini selain menyehatkan bagi para pendonor juga merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian untuk membantu orang lain.

Sejalan dengan tema kita ‘Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang’, prajurit harus mampu menunjukkan sikap tauladan, perilaku yang baik dan menjadi pelopor dalam setiap kegiatan positif, membantu masyarakatnya secara tulus dan ikhlas, sehingga tantangan seberat apapun bisa terselesaikan.

Ning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here