Sosialisasi pengelolaan kelas di PUAD Nahdlatul Fata Petekeyan oleh Naili Rohmah, S.Pd., M.Pd.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pada KKN tahun ini,  kelompok 18 memilih mitra PAUD Nahdlatul Fata yang berada di Desa Petekeyan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara atas pertimbangan dosen pembimbing lapangan kami ibu Naili Rohmah, S.Pd., M.Pd.

Di PAUD Nahdlatul Fata ini kelompok 18 mengadakan kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan ruang kelas. Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada di PAUD Nahdlatul Fata,  yaitu masih  adanya orang tua murid yang ikut berada di dalam ruang kelas,  sehingga siswa-siswi PAUD  kurang mandiri.

Embaga pendidikan ini didirikan di bawah naungan Yayasan Nahdlatul Fata yang sekarang dipimpin oleh  H Maskan. Tujuannya dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan serta memberi kesempatan belajar kepada anak usia dini di Desa Petekeyan. Sebab saat itu banyak anak-anak usia 3 – 4 tahun yang belum mendapatkan pembelajaran di sebuah lembaga pendidikan. Akhirnya disepakati  membuat kelompok bermain untuk mengelola kegiatan bermain anak hingga lebih terprogram.

Kepala PAUD Nahdlatul Fata Petekeyan Hj. Kartika, S.Ag.

Kegiatan awalnya dilaksanakan di RA Nahdlatul Fata dengan menggunakan alat permainan seadanya. Tahun 2009 pendidikan anak usia dini ini diberi nama PAUD Nahdlatul Fata dan diresmikan oleh Bapak Kepala Desa Petekeyan, Rohman S.Si. dan yang sebagai kepala PAUD adalah Hj. Kartika, S.Ag.

Kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan ruang kelas yang diadakan disambut dengan baik oleh pihak PAUD dan juga orang tua murid. Pada kegiatan sosialisasi tersebut dihadirkan dosen pembimbing lapangan, Naili Rohmah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembicara.

Beberapa hari setelah kegiatan tersebut dilaksankan, akhirnya sedikit demi sedikit pengelolaan ruang kelas di PAUD Nahdlatul Fata bisa lebih baik dari sebelumnya. Sekarang orang tua murid sudah tidak berada di dalam kelas. Dengan demikian proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan kemandirian siswa siswi juga lebih baik. Hal ini berpengaruh  baik terhadap kemampuan belajar para siswa.

Selain kegiatan sosialisasi,  para mahasiswa  kelompok 18 juga ikut membantu mengajar siswa siswi di PAUD Nahdlatul Fata sebagai bentuk pengabdian nyata kepada mitra.

Alvaros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here