Bupati (kanan) mengamati mesin pertanian yang diserahkan kepada kelompok tani, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Memperingati Hari Tani Nasional, Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan uang klaim asuransi pertanian. Penyerahan secara simbolis dilakukan kepada beberapa kelompok tani di pendapa drh Soepardi, Setda Kabupaten Magelang, Jumat (24/9).

Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina menjelaskan bahwa bantuan Alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Magelang merupakan salah satu bentuk aspirasinya. “Ada 69 unit Alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Magelang hari ini,” katanya.

Adapun batuan Alsintan dan klaim asuransi pertanian yang diserahkan antara lain traktor roda dua sebanyak 21 unit diberikan kepada 21 kelompok tani di Desa Muneng Kecamatan Pakis, satu unit transplanter  diberikan kepada  kelompok tani Gapoktan Ngudi Rejeki, Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari. Lalu 12 unit cultivator diberikan kepada 12 kelompok tani Rukun Tani Dusun Kenayan, Banyurojo, Kecamatan Sawangan. 22 unit pompa air untuk kelompok Tani Rukun Lestari, Desa Banyuroto, Kecamatan Salam. Kemudian hand spreyer sebanyak enam unit diberikan kepada enam kelompok tani yang diwakili Berkah Tani Desa Delimas, Kecamatan Tegalrejo.

Sedangkan untuk pengajuan klaim asuransi pertanian sebanyak 21,65 hektare dengan nominal Rp 129.900.000 yang diwakili kelompok tani Sri Rejeki Desa Candisari, Kecamatan Windusari.

“Total nilai keseluruhannya Rp 1,46 miliar untuk Kabupaten Magelang,” kata Vita.

Sejalan dengan program pemerintah, Vita berharap melalui bantuan Alsintan dan uang klaim asuransi pertanian itu sektor pertanian bisa maju dan modern. “Kami terus mendorong pertanian di Kabupaten Magelang. Tidak harus tradisional terus, dengan adanya alat-alat pertanian yang modern ini diharapkan bisa lebih meningkatkan produktivitas pertanian,” pungkas Vita.

Sementara itu Bupati Zaenal Arifin berharap, alat mesin pertanian yang diserahkan hari ini kepada kelompok tani akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Magelang. Bupati  menyampaikan gambaran secara umum  Kabupaten Magelang memiliki luas wilayah 108.000 hektare terbagi dalam 21 kecamatan, 367 desa dan lima kelurahan. Sekitar 70 persen luas lahan di Kabupaten Magelang digunakan untuk sektor pertanian, yang dikerjakan lebih dari 57 persen penduduk yang saat ini berjumlah sekitar 1,2 juta jiwa.

Dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kadang tani di Kabupaten Magelang, di masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, sektor pertanian masih menjadi salah satu sektor andalan untuk menggerakkan dan menumbuhkan perekonomian di saat sektor yang lain stagnan atau bahkan mengalami penurunan.

“Semangat untuk terus berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Magelang melalui sektor pertanian harus tetap dipertahankan dan dijaga dengan sebaik-baiknya, mengingat Kabupaten Magelang telah ditetapkan sebagai Kabupaten Penyangga Pangan Provinsi Jawa Tengah dan Nasional,” tuturnya.

Eko Priyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here