Cara kreatif dan unik Bupati Jepara dalam memotivasi masyarakat untuk membudayakan hidup bersih dan sehat dengan cara mengambil sampah-sampah di rumah-rumah warga.

JEPARA (SUARABARU.ID)  – Dalam rangka mengkampanyekan World Cleanup Day 2021 atau aksi bersih-bersih sedunia yang dilaksanakan mulai 12 hingga 24 September 2021,  Bupati Jepara Dian Kristiandi mempuyai cara unik dan kreatif. Dengan menaiki motor pengangkut sampah, bupati dengan didamping Kepala DLH Jepara, Farikha  Elida ber keliling kampung mengambil sampah dari rumah ke rumah warga.

 

Kegiatan unik dan menarik ini dilaksanakan, Jumat (24/9/2021), di Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan. Dengan sikap ramah dan penuh senyum, sambil menyapa warga  bupati menghampiri rumah warga dan mengambil sampah di dalam tong sampah yang terpasang di depan rumah masing-masing.

Penyerahan bantuan tempat sampah kepada warga.

Dalam aktivitas ini bupati juga memberikan edukasi kepada warga untuk memilah dan memanfaatkan limbah sampahnya menjadi barang yang bernilai ekonomis.

 

“Ini dipilah ya buk, yang organik masukkan tong yang warna hijau. Sedangkan sampah non organik masukkan di tong sampah warga kuning. Selanjutnya akan diambil petugas untuk proses selanjutnya,” kata Andi.

 

Menurut Dian Kristiandi, sampah non organik ini, akan berbahaya bagi lingkungan jika dibuang begitu saja tanpa dilakukan pengolahan yang benar. Namun, di sisi lain mempunyai nilai tambah jika dimanfaatkan dengan benar. Bahkan bisa memberikan tambahan penghasilan.

Mengedukasi proses pemilahan sampah mulai dari rumah.

Bupati juga menjelaskan, World Cleanup Day 2021 merupakan gerakan global yang mengajak semua individu, komunitas, dunia usaha, dan pemerintah untuk menyatakan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.

 

Dalam kesempatan itu, bupati memberikan fasilitas kepada kelompok berupa motor pengangkut sampah roda tiga. Selain itu juga diberikan bantuan takakura (alat pengomposan sampah organik sekala rumah tangga), biopori, tong sampah, hingga berbagai bibit tanaman untuk penghijauan.

 

Hadepe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here