Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (Bagus Adji)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta mengerahkan 350 personil untuk mengamankan jalannya gelaran Liga 2 PSSI . Pertandingan sepak bola putaran pertama yang diikuti enam klub dan dimulai pada tanggal 26 September 2021

“Rekomendasi Polresta Surakarta terkait gelaran pertandingan Liga 2 yang akan menggunakan stadion Manahan sudah kami kirimkan ke Direktorat Intelkam Polda Jateng hari ini,” kata Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak di halaman Balaikota setempat, Kamis (23/9)

Pertandingan Liga 2 PSSI lanjut Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak ketika ditemui usai acara penyerahan paket sembako dari Alumni Akabri 96 Korwil Jateng kepada masyarakat setempat terdampak PPKM level 3 dan juga warga lainnya yang membutuhkan, digelar tanpa penonton.

Namun demikian pengamanan tetap dilaksanakan dengan focus bukan hanya dalam stadion tetapi juga diluarnya. Penyekatan juga disiapkan guna mengantisipasii pergerakan supporter. Bahkan Kepolisian juga sudah memanggil presiden Pasopati agar tidak mengerahkan massa supporternya ke stadion Manahan selama gelaran berlangsung.

Rencana penempatan lokasi bagi 350 personil pengamanan juga telah disiapkan. Yakni 15 personil ditempatkan di dalam kawasan stadion. Kemudian 35 personil akan dilapis diarea Jogging Track stadion Manahan.

Berikutnya 100 personil terdiri dari gabungan TNI /Polri maupun back up dari Satbrimob Polda Jateng disiapkan untuk mengantisipasi pengamanan kegiatan di Manahan selama gelaran Liga 2 berlangsung.

Termasuk pengerahan 150 personil pengamanan yang tergabung dalam tim pengurai kemananan/pengamanan. Masing masing tim beranggotakan 30 personil. Jumlah ini ditambah lima tim dari masing masing Polsek yang akan mengkover wilayah kecamatannya. Juga dua tim yang akan ditugaskan dari Polresta Surakart mengkover kegiatan pengamanan selama berlangsungnya Liga 2.

Pihaknya berharap adanya kerjasama semua pihak untuk tidak mengerahkan massa supporter /ataupun menggelar arak-arakan selama gelaran berlangsung . Larangan untuk segala bentuk kegiatan nonton bareng juga diberlakukan, sehubungan pertandingan sepakbola berlangsung di tengah pandemic Covid 19.
“Kerumunan sangat rentan sekali terhadap penyebaran Virus Covid 19 secara masif . Untuk itu kami berharap kerjasama dengan semua pihak agar gelaran pertandingan berlangsung dengan baik sesuai rencana dan tidak menimbulan klaster baru. Penerapan protokol kesehatan selama gelaran liga berlangsung juga sudah disampaikan. Termasuk tim official, crew dan pengamanan yang dilibatkan dalam pertandingan liga 2 sudah harus vaksin,” jelasnya.

Bagus Adji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here