blank
Wakil Kasad berdialog dengan warga di lokasi TMMD Magelang, tadi. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasad bidang Perencanaan dan Kemampuan Teritorial, Brigjen TNI Sugiyono, mengunjungi lokasi TMMD Reguler 112 Kodim 0705/Magelang di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kamis (23/9).

Sebelum ke lokasi pengecoran jalan, Waaster diterima Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, Forpimda Kabupaten Magelang dan Direktur Ketep Pass, di Posko TMMD yang berlokasi di Objek Wisata Ketep Pass.

Selesai menerima pemaparan singkat dari Dansatgas TMMD 112 Kodim 0705/Magelang, Waaster memberikan arahan demi kelancaran dan kesuksesan TMMD 112 di Kodim 0705/Magelang. Dia berharap agar pelaksanaan TMMD bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Brigjen TNI Sugiyono mengatakan bahwa pelaksanaan TMMD bisa berjalan dengan baik apabila dalam tahap perencanaan dan persiapan sudah baik dan matang.

“Pengamatan saya perencanaan dan kesiapan TMMD di sini sudah sangat bagus, tinggal dicek nanti di lokasi, saya berharap dalam pelaksanaanya juga bagus,” harapnya.

Waaster bersama Forpimda selanjutnya meninjau proses pengecoran jalan di Dusun Puluhan. Di lokasi pengecoran jalan, Waaster menyempatkan berdialog dengan Karyoto, warga Dusun Gintung yang sedang melaksanakan gotong royong dalam program TMMD tersebut. Karyoto bersama warga lain mendapat giliran bekerja bersama Satgas TNI melaksanakan TMMD.

“Saya berterima kasih kepada TNI dan Pemkab Magelang yang sudah melaksanakan perbaikan jalan di Desa Ketep,” kata Karyoto ketika ditanya oleh Waaster Kasad.

Waaster bersama Forpimda juga menyempatkan mengunjungi rumah warga yang digunakan menginap anggota Satgas TMMD. Kunjungan diakhiri dengan pengecekan pembangunan rumah tidak layak huni di Desa Ketep.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan TMMD reguler di wilayah Magelang. Dia sangat berharap dengan adanya program tersebut dapat menambah keteguhan dan memperkuat komitmen dalam membangun bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain pembangunan fisik, program TNI Angkatan Darat juga menyasar kegiatan nonfisik sebagai upaya untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. “Selaku pribadi dan atas nama pemerintah, serta masyarakat Kabupaten Magelang saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Wakil Asisten Teritorial Kasad beserta jajarannya, khususnya Korem 072 Pamungkas di wilayah Kodim 0705/Magelang yang telah menunjukkan wujud nyata kegotongroyongan dalam merawat dan mengikat kebersamaan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan,” kata Bupati.

Zaenal Arifin juga berpesan agar jajaran pemerintah daerah Kabupaten Magelang terus bersinergi dengan TNI dan rakyat, merawat semangat persatuan dan kesatuan. Mendorong dan mendampingi masyarakat desa agar berkreasi serta berinovasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi di desa, agar lahir kemandirian usaha, sehingga masyarakat desa semakin sejahtera.

Di sekitar Posko TMMD tadi digelar bakti sosial pembagian sembako kepada warga sekitar, donor darah dan serbuan vaksin.

Eko Priyono