Kepala Diskominsta Suryantoro memberi sambutan pada acara Workshop Metadata Kota Magelang, dalam rangka Peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2021, (Dok Diskominsta Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang mengadakan Forum Satu Data, Workshop Metadata Kota Magelang, dalam rangka Peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2021.

Kegiatan itu diikuti para produsen data dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkot   Magelang, bertempat di Resto Kebun Semilir Magelang, Rabu (22/09)

Pada acara itu juga dilaksanakan serah terima Lembar Komitmen Satu Data dari Wali Data yaitu Kepala Diskominsta Suryantoro kepada Pembina Data Kota Magelang yaitu Kepala Badan Pusat Statistik Kota Magelang, Sri Herawati, dan Kepala Bappeda Kota Magelang Handini Rahayu selaku Koordinator Data Kota Magelang.

Kepala Diskominsta Suryantoro menjelaskan, untuk mewujudkan satu data Kota Magelang membutuhkan peran aktif dari seluruh produsen data khususnya pengelola teknis DataGo.

Maka kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produsen data khususnya pengelola Datago Lintas OPD Se Kota Magelang.

Menurutnya, Satu Data Indonesia telah menjadi tantangan bagi Pemkot Magelang untuk terus berinovasi dalam penyelenggaraan statistik sektoral untuk mewujudkan Satu Data Kota Magelang yang valid, berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Inovasi menjadi salah satu referensi perumusan dan evaluasi pembangunan.

‘’Dengan dilaksanakannya Workshop Metadata ini diharapkan ke depan pengelolaan data di seluruh OPD menjadi lebih efektif dan berkualitas,’’ harap Suryantoro.

Keberadaan data yang berkualitas, lanjut Suryantoro, merupakan kebutuhan penting dalam perencanaan pembangunan. Hadirnya Metadata meningkatkan kualitas data, sehingga mampu tersaji dan dimanfaatkan dengan tepat dan akurat.

Adapun workshop Metadata ini menghadirkan Kasi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Kota Magelang, Imam Suprapto sebagai narasumber.

 

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here