blank
Para atlet paralayang dan terbang layang memberi salam terbang, saat foto bersama dalam pelepasan kontingen PON XX/Papua oleh Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura, di Ruang Tunggu Bandara A Yani, Semarang. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai cabang olah raga gantole yang sudah berangkat ke Papua pada Selasa (14/9/2021) pekan lalu, kali ini giliran cabor paralayang dan Terbang Layang yang berangkat menuju ke Bumi Cendrawasih.

Pelepasan dua cabor itu dilakukan Plt Ketua KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, di Ruang Tunggu Bandara A Yani Semarang, Senin (20/9/2021).

Dengan pelepasan tim secara resmi itu, maka Jateng saat ini sudah benar-benar dalam suasana siap menghadapi PON XX di Papua. ”Kini Jateng benar-benar sudah dalam suasana siap tempur,” kata Bona yang ditemui usai melepas kontingen di dua cabor itu.

BACA JUGA: Dihantam Truk Dump, Warga Desa Tigajuru Tewas Mengenaskan

Keberangkatan tiap-tiap cabang olahraga memang berbeda waktunya. PON secara resmi memang baru dibuka Presiden RI Joko Widodo, pada Sabtu (2/10/2021) mendatang. Even ini akan berlangsung hingga Jumat (15/10/2021).

Namun beberapa cabor seperti sofball, gantole, terbang layang, paralayang, wushu dan sepak bola, sudah memainkan pertandingan mulai Kamis (23/9/2021).

Kepada para atlet, Bona berpesan, agar menjaga protokol kesehatan secara ketat. Sebab dalam situasi pandemi covid-19 ini, suasananya sangat rentan.

BACA JUGA: Vaksinasi di Karaton Surakarta untuk Sentana Dalem, Abdi Dalem, dan Umum

”Kita tidak tahu siapa yang akan menulari. Tetapi kita harus waspada agar tidak tertular. Caranya tentu menghindari kerumunan,” pesan dia.

Bona juga menegaskan, tugas utama atlet adalah bertanding mengibarkan panji-panji Jateng, bukan untuk jalan-jalan. ”Kita ini mengemban amanat masyarakat Jawa Tengah. Jangan sia-siakan itu,” tukasnya.

Sementara itu, Manajer Tim Terbang Layang Nurohman dalam sambutannya memberikan apresiasinya kepada Plt Ketua KONI Jateng, Bona Ventura. Sebab, kehadirannya membuat para atlet lebih termotivasi.

BACA JUGA: Bupati Ambil Sumpah 327 PNS di Lingkungan Pemkab Wonosobo

”Kami berterimakasih atas kehadiran Pak Bona. Kami siap menyumbang dua medali emas,” janjinya.

Ada pun Manajer Paralayang, Nanang, juga siap memberikan prestasi terbaiknya. ”Kami akan meningkatkan prestasi dari yang dicapai pada PON XIX lalu,” ujar dia.

Dalam acara itu, hadir pula General Manager Garuda Indonesia Semarang, Joko Azuardi. Sebagai warga Semarang, dia mendoakan agar atlet Jateng bisa meraih prestasi tinggi.

”Terima kasih kepada KONI Jateng yang memanfaatkan Garuda sebagai transportasi ke Papua,” tandas dia.

Riyan