blank
Faiz dari Bagana Kebumen bersama mahasiswa KKN IAINU Kebumen mengadakan pelatihan pemulasaraan jenazah di Kelurahan Panjatan, Kecamatan Karanganyar, Sabtu 18/9.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mahasiswa IAINU Kebumen yang menjalankan kuliah kerja nyata (KKN) Reguler di Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Karanganyar, menggelar pelatihan pemularasan jenazah di 14 desa/kelurahan.

“Hingga Sabtu (18/9) 11 desa dan kelurahan telah kami adakan diklat pemulasaraan jenazah bekerja sama dengan MWC NU Karanganyar dan Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kebumen,”jelas Hesti Ratna Kuntari, mahasiswa KKN didampingi Moh Kholil Rohman, Rystia Abdi Kusuma dan Rizki Ahmad Safii.

Pada Sabtu (18/9) Pelatihan Pemulasaraan Jenazah yang  11 berlangsung di Kelurahan Panjatan, Kecamatan Karanganyar. Kegiatan bertempat di Gedung Pertemuan Kelurahan Panjatan. Sampai akhir September dijadwalkan 14 desa dan kelurahan telah melaksanakan pelatihan.

Sosialisasi dihadiri Sekretaris MWC NU Karanganyar Pairi yang juga anggota DPRD Kebumen dan Lurah Panjatan Juniadi Prasetyo SE serta Ketua Muslimat NU Karanganyar Hj Siti Nasiroh MPd.

blank
Sekretaris MWC NU Kecamatan Karanganyar Kebumen Pairi menyerahkan bibit pohon bidara kepada Lurah Panjatan Juniadi Prasetyo.(Foto:SB/Ist)

Selain itu hadir pula Kiai Muhtarom Perwakilan MWC NU, Dosen Pembimbing Lapangan KKN IAINU Kebumen Komper Wardopo, Bagana Kebumen, diikuti ibu-ibu Muslimat NU Kelurahan Panjatan.

Keder Bagana Kebumen yang menjadi narasumber Faiz menerangkan praktik tata cara menangani jenazah yang baik dan benar sesuai tuntunan agama Islam.

Tata cara tersebut meliputi cara mencuci tangan, cara memakai APD yang tepat, menyucikan Jenazah, mengkafani jenazah, salat jenazah, memasukkan jenazah ke dalam peti, dan memakamkan jenazah .

Sekretaris MWC NU Karanganyar Pairi menjelaskan, pelatihan tersebut agar masyarakat dan warga NU paham tata cara pemulasaran jenazah, baik yang terkena Covid 19 maupun jenazah yang tidak terkena.  Pelatihan itu merupakan upaya bersama untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi peserta.

Lurah Panjatan Juniadi Prasetyo yang baru menjabat empat hari mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya berharap sosialisasi pemulasaraan jenazah bermanfat bagi warga. Bahkan bisa menambah tenaga perawat jenazah di Kelurahan Panjatan.

Di sela pelatihan Sekretaris MWC NU Karanganyar didampingi mahasiswa KKN  IAINU Kebumen menyerahkan bibit pohon bidara kepada Lurah Panjatan. Pohon bidara bermanfaat untuk penghijauan serta sebagai pelengkap saat merawat dan memandikan jenazah.

Komper Wardopo