blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberi sambutan pada HUT PMI 2021 di Pendopo Rumah Dinas. Jumat 17/9 malam.(Foto:SM/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pada  Hari Ulang Tahun ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI), Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyumbangkan mobil sedan untuk dilelang. Hasilnya untuk disumbangkan ke kegiatan Bulan Dana PMI Kebumen.

Perayaan Hari Ulang Tahun PMI diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (17/9/2021) malam. 17 September 1945 adalah hari kelahiran PMI. Pada kesempatan itu pula Bupati Kebumen meresmikan pelaksanaa  Bulan Dana PMI 2021.

Sebagai dukungan terhadap kerja kemanusian PMI, pada program Bulan Dana itu, Bupati Kebumen turut membantu menyumbangkan 1 mobil miliknya berupa sedan Ferio untuk dilelang, dan hasilnya diperuntukan bagi PMI Kebumen.

“Alhamdulillah untuk PMI Kebumen dalam Bulan Dana ini, saya kasihkan 1 mobil Honda Ferio untuk dilelang. Hasilnya bisa digunakan untuk keperluan PMI. Insya Allah menjadi berkah,”ujar Arif Sugiyanto disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

blank
Bupati Arif Sugiyanto simbolis memegang kupon bulan dana bersama Sekretaris PMI Kebumen Muhsinun disaksikan Ketua PMI Sabar Irianto.(Foto:SB/Ist)

Bupati mengapresiasi kinerja PMI Kebumen di bidang kemanusian. Bahkan sejak pertama kali Covid-19  pada 14 Maret 2020, PMI langsung bergerak cepat dengan melakukan sterilisasi tempat-tempat umum dengan penyemprotan disinfektan.

Kerja Kemanusiaan Patut Diapresiasi

Bahkan Bupati mencatat, PMI juga langsung membuka dapur umum untuk para sukarelawan dalam penanganan Covid-19. Siang malam terus bekerja, sampai saat ini, dimana Covid-19 masih belum dinyatakan hilang. Kerja-kerja kemanusian ini patut diapresiasi.

Belum lagi, PMI juga terus berupaya menjaga ketersediaan darah di Kebumen agar selalu tercukupi guna memenuhi kebutuhan pasien yang terus meningkat. Terlebih di tengah pandemi ini, dimana antara  pemasokan dan pengeluaran darah tidak seimbang.

“Apa yang dilakukan PMI adalah door to door untuk mencari pendonor darah. Karena pada saat pandemi ini, para pendonor ini menurun, tapi kebutuhan terus meningkat, yang tadinya 60, 70, jadi 100. Nah ini tentu butuh strategi khusus,” terang Bupati.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto menambahkan, pihaknya  mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kebumen, tanpa dukungan dan suport dari pemerintah dan semua stakeholder, kerja kemanusian PMI juga tidak bisa maksimal.

Menurut Sabar, tugas PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial dan kemanusiaan dan tugas itu sangat kompleks. Ada kecelakaan PMI hadir. Saat banyak pasien Covid-19 meninggal PMI juga hadir membantu melakukan pemulasaraan jenazah. Ada bencana alam PMI  juga hadir.

Menurut Sabar, dalam 1 tahun, PMI Kebumen mampu membantu sebanyak 40 ribu kantong darah. Diakui, saat pandemi Covid-19, pihaknya melakukan door to door atau jemput bola, dengan terjun mencari darah ke masyarakat.

Untuk program Bulan Dana ini, PMI menargetkan bisa mengumpulkan dana Rp 2,6 miliar. Selain Bupati, pihak lain yang ikut mendukung Bulan Dana PMI, di antaranya  jajaran Forkompinda, para ASN, Polres Kebumen, BRI, BNI, Bank Jateng, Orari, dan Komunitas Warga Tionghoa Kebumen.

Komper Wardopo