TEGAL (SUARABARU.ID) – Nenek Tarmi (102), warga RT 01 RW 01 Kelurahan Kalinyamat Wetan, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Kota Tegal usianya paling tua dan telah berhasil mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap pertama, kemarin Jumat, (18/9/2021).

“Alhamdulillah berkah, mbah Tarmi warga RT 01/01 Kalinyamat Wetan, orang paling sepuh (tua) di Kota Tegal, usia 102 Tahun setelah lebih dari 10 kali cek skrining akhirnya tervaksin,” kata Camat Tegal Selatan Sartono, Sabtu (18/9/2021) .

Sartono didampingi Lurah Kalinyamat Wetan, Gozali mengatakan, Mbah Tarmi kelahiran 13 Desember 1918 telah berhasil melakukan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac dosisi I setelah dilakukan 10 kali skrining karena kondisi kesehatannya. Sebelumnya skrining yang diikuti berulang-ulang, tekanan darah mbah Tarmi selalu tinggi.

Sartono menceritakan kegiatan sehari-hari beliau dengan berjualan jajanan ringan untuk anak-anak yang sedang melaksanakan Pendidikan di TPA Al-Ikhlas Kelurahan Kalinyamat Wetan.

“Yang bersangkutan bersedia ikut vaksin karena sering bertemu dengan anak-anak yang belajar di TPA,” kata Sartono.

Sartono juga menyebut berdasarkan data Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tegal, mbah Tarmi tinggal di Kelurahan Kalinyamat tersebut telah mendapatkan bantuan dari pemerintah Kota Tegal berupa sembako dan bantuan RTLH untuk perumahan yang tidak layak huni.

Dengan telah dilaksanakan vaksinasi terhadap mbah Tarmi, Sartono mengapresiasi upaya dari Tim Kelurahan Kalinyamat Wetan dan kader kesehatan yang tidak lelah untuk memberi edukasi manfaat vaksin.

Terpisah Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono menyampaikan, capaian vaksinasi di Kota Tegal per 14 September 2021 mencapai untuk tahap/dosis pertama telah mencapai 85 persen. Sementara tahap/dosis kedua telah mencapai 41 persen.

untuk sekolah sampai dengan perguruan tinggi di Kota Tegal yang sudah divaksin sebanyak 71 persen.

Nino Moebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here