blank

KARANGANYAR, SUARABARU.ID – Unit Pengelola Teknis Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan (UPT PPK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meresmikan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) Singo Serang di KHDTK Gunung Bromo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.

Peresmian lembaga dilakukan Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Jumat (17/9)  bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo UNS.

Prof Kuncoro Diharjo dalam sambutannya pada acara yang dihadiri pejabat terkait diantaranya Kepala Kantor Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah X Surakarta Misbachul Munir, M.Si, menyatakan sangat mengapresiasi terbentuknya MPA Singo Serang.

Dijelaskan dilokasi sama pada tahun 2019 pernah terjadi kebakaran dan yang mengatasi pertama kali  adalah MPA. “Terima kasih atas kepeduliannya dalam melestarikan Hutan Gunung Bromo ini,”ujarnya.

Sementara itu Kepala UPT PPK UNS Dwi Priyo Ariyanto, Ph.D. dalam sambutannya mengatakan, MPA yang diluncurkan saat ini sebetulnya sudah terbentuk pada  30 Juni 2021 lalu.

“MPA ini merupakan perwakilan dari masyarakat petani hutan dan relawan sekitar. Sejumlah hal  harus dicermati dalam pengelolaan kawasan hutan. Salah satunya adalah petani hutan. Di sini ada tiga Kelompok Petani Hutan (KPH), yaitu Putri Serang, Bromo Lestari, dan Wonosewu,” terangnya.

Bagus Adji