blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi dan Kepala Diskominfo Arif Darmawan saat bertemu dengan pegiat medsos Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bupati Dian Kristiandi mengajak para penggiat media sosial (medsos) dii masa pandemi sekarang ini, untuk menjadi agen penyebar informasi positif dan bersifat membangun. Sebab   masyarakat membutuhkan panduan informasi yang valid.

Hal ini disampaikan bupati, saat kegiatan pertemuan penggiat medsos, Kamis (16/9/2021), di Gedung Shima Kantor Setda Jepara. Hadir Kepala Satreskrim Polres Jepara AKP M. Fachrur Rozi, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan.

blank
Pertemuan pegiat medos di Jepara dengan Bupati Jepara Dian Kristiandi

“Tidak semua orang bisa berbagi informasi secara bertanggung jawab.  Perlu literasi media terlebih dulu,” kata dia.  Penggiat medsos ini sebagai media interaksi dan komunikasi sekaligus mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi positif kepada masyarakat, tambahnya.

Saat ini masyarakat dihadapkan dengan “Infodemi” atau situasi banyaknya informasi palsu (hoaks), selama wabah pandemi. Ini akan berdampak pada kepanikan, dan kebingungan masyarakat. Mulai dari virus korona, vaksinasi, hingga pembatasan kegiatan masyarakat.  “Medsos berperan meluruskan berbagai informasi yang salah,” kata dia.

Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan, mengatakan media sosial jika difungsikan secara positif akan memberikan dampak positif pula. Begitu juga sebaliknya. Pendekatan litrasi digital dilakukan untuk membantu masyarakat mengidentifikasi informasi yang beredar, jadi jangan segan untuk bersuara dan meluruskan.

Hadepe – D