Peserta tes Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) tahun 2021 untuk delapan  kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) tahun 2021 untuk delapan  kabupaten/ kota di Jawa Tengah.

Pelaksanaan tes diikuti puluhan ribu peserta akan berlangsung hingga 17 Oktober 2021  bertempat di Auditorium G.H.P Haryo Mataram UNS Surakarta, Rabu (15/9/2021)

Wakil Rektor Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan  dalam sambutannya menyatakan, tahun 2021 UNS menjalin kerja sama dengan delapan Kabupaten/Kota untuk menjaring ASN maupun PPPK yang kompeten dalam bidangnya dan akan berkompetisi dalam tes SKD.

Tes CAT SKD di UNS diikuti 28.090 peserta CASN dan 1.135 peserta CPPPK. Rinciannya yakni, Kota Surakarta 5.810 CASN dan 422 PPPK; Kabupaten Karanganyar 2.218 CASN 108 CPPPK; Kabupaten Blora 1.844 CASN dan 254 CPPPK; Kabupaten Grobogan 4.378  CASN. Sedangkan Kabupaten Kudus 1.137 CASN dan 78 CPPPK; Kabupaten Jepara 4.232 CASN; Kabupaten Rembang 3.281 CASN; Kabupaten Pati 5.190 CASN dan 273 CPPPK.

Tes CAT SKD CASN berlangsung 15 September -15 Oktober yang diikuti delapan kabupaten/kota. Untuk peserta CPPPK  ujian diselenggarakan 16 Oktober-17 Oktober 2021 diikuti 5 kabupaten/kota yaitu Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Blora, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Pati,” jelasnya.

Prof Sajidan juga mengucapkan terima kasih  kepada Kepala BKN Kantor Regional 1 Yogyakarta dan delapan Bupati/ Wali Kota beserta Kepala BKD/BKPPD Kabupaten Kota, atas kepercayaan yang diberikan, menyelenggarakan  ujian SKD CASN dan CPPPK tahun 2021.

Masih dalam kesempatan sama Kepala Subkoordinator Subkoordinator bagian Pemanfaatan Teknologi Informasi, Stephanus Firmanto Tawanggono, S.Kom. mewakili Kepala BKN Kantor Regional 1 Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada UNS yang telah menyiapkan tempat pelaksanaan tes CASN dan CPPPK.

“Pelaksanaan seleksi CASN dan CPPPK ini transparan. Peserta bisa langsung melihat nilai setelah selesai mengerjakan tes. Sehingga bisa langsung mengetahui lolos passing grade atau tidak. Dan saya berpesan jangan percaya dengan oknum yang menjanjikan lolos PNS,” kata Firmanto.

Rektor UNS Surakarta , Prof. Dr Jamal Wiwoho yang juga hadir berharap semoga pelaksanaan tes CAT CASN dan CPPPK ini bisa berjalan lancar meski dalam suasana pandemi covid-19. “Pelaksanaan tes ini dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Saya melihat semua panitia dan peserta yang hadir menerapkan Prokes dengan ketat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta, Nur Haryani, SE, MM dalam keterangannya menyatakan , kerja sama dengan UNS terkait dengan pelaksanaan tes CAT SKD CASN ini sudah berlangsung selama dua kali.

“Tahun lalu kami juga kerja sama dengan UNS untuk tempat tes dan Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga tahun ini juga berjalan dengan lancar,” ujar Nur Haryani.

Bagus Adji

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here