blank
Bupati menandatangani berita acara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2021 Kodim Blora, di ruang pertemuan setda Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Blora resmi dibuka, Rabu (15/09/2021). Awal kegiatan ditandai penandatanganan berita acara serah terima Program TMMD Sengkuyung Tahap III/2021 oleh Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han) kepada Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si di ruang pertemuan Setda Blora.

Dandim 0721/Blora menjelaskan, program TMMD Sengkuyung III ini bertema ‘Wujud Sinergitas Membangun Negeri’. TMMD merupakan bagian Operasi Bhakti TNI yang mempunyai tujuan membantu pemerintah daerah untuk  percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah terpencil dan terisolasi serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ada dua kegiatan TMMD yakni secara fisik dan nonfisik, yang dilaksanakan di Desa Plantungan Kecamatan Blora.

“Secara fisik yaitu membangun jalan makadam sepanjang 1.250 m x 3 m x 0,2 m, pembangunan dua talud bahu jalan dengan panjang 36 m dan 221 m, box culvert panjang 5 m dan drainase sepanjang 250 m dengan tradisi gotong royong yang dikerjakan secara manual,” kata Dandim.

Sedangkan untuk nonfisik seperti penyuluhan narkoba, penyuluhan bela negara, penyuluhan industri rumah tangga dan penyuluhan bahaya pernikahan dini. Ditambahkan Dandim, kegiatan TMMD sudah mulai dilakukan. Sedangkan untuk target pengerjaannya kurang lebih 1 bulan ke depan.

“Target pengerjaan fisik kurang lebih 1 bulan. Namun jika kondisi cuaca seperti ini kendalanya bila hujan. Kita harapkan sebelum satu bulan sudah selesai,” ucap Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro.

Dandim juga menyampaikan di situasi pandemi covid-19 saat ini, walaupun di Kabupaten Blora telah mengalami penurunan, mari kita rapatkan barisan, kuatkan jalinan tangan, untuk bersama-sama bertekad menekan laju dan memutus mata rantai Covid-19 dengan senantiasa menegakan 5M di tengah-tengah masyarakat.

“Kami siap mendukung Program Bapak Bupati Sesarengan Mbangun Mblora, Alus dalane dan lancar banyune,” pungkas Dandim.

Sementara itu, Bupati Blora mengungkapkan, pentingnya TMMD di Kabupaten Blora merupakan program yang bagus dan efektif untuk mempercepat pembangunan di desa-desa.

“Terima kasih Pak Dandim dan jajaran yang terus melaksanakan TMMD di desa-desa. Program ini wujud sinergitas TNI-Polri bersama rakyat, semangat gotong royong tumbuh dan kebersamaan begitu indah,” tandas Bupati Blora.

Kudnadi