Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto saat memberikan sambutan pada acara Diklat Satpam di SKB Cepiring Kendal.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Polres Kendal bekerjasama dengan PT. Produktif Citrasukses Semarang, menggelar Pendidikan dan Pelatihan(Diklat) Satpam Gada Pratama, di Sanggar Kegiatan Belajar(SKB) Cepiring Kendal.

Diklat ini, dilaksanakan selama dua Minggu dari mulai tanggal 13 September hingga 25 September mendatang dengan jumlah peserta 42 orang dari instansi pemerintahan, perusahaan dan umum.

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan,bahwa Satpam adalah salah satu kepanjangan tangan polisi dalam mengelola situasi Kamtibmas.

“Khususnya di wilayah hukum Polres Kendal, kiranya sangat perlu diadakan pelatihan satpam seperti ini,”kata Kapolres, Selasa(14/09/2021).

Menurut Kapolres, polisi tidak mungkin melakukan pengamanan sendiri, namun harus dibantu oleh Satpam terutama di wilayah atau lingkungan tertentu.

“Satpam pengamanan mempunyai tugas pokok preventif dan represif. Setidaknya mereka memiliki kemampuan, spesifikasi, dan kwalifikasi,”ujar Kapolres.

Kapolres menyatakan, Diklat ini wajib, karena mereka harus mengetahui tugas- tugas pokoknya dan mereka harus mempunyai integritas, dan kemampuan- kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap Satpam.

“Diklat ini ada tiga tingkatan yaitu, gada pratama, gada madya dan gada utama. Gada pratama dalam mengemban fungsi kepolisian secara terbatas. Tentunya di lingkungan- lingkungan terbatas di wilayah dimana Satpam bertugas,”papar Kapolres.

Kapolres berharap, dengan dilakukannya Diklat ini, mampu meningkatkan keamanan di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Direktur PT. Produktif Citrasukses, Prin Mahadi mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah wajib untuk dilaksanakan oleh seluruh personil yang sudah menjadi Satpam atau yang ingin menjadi Satpam.

“Kita payung hukumnya adalah peraturan kepolisian, nomor 4 tahun 2020,”kata Prin Mahadi.

Menurut Prin Mahadi, selama periode tahun 2021 ini sudah dua kali kegiatan atau dua kali angkatan dan akan direncanakan pada tahun 2022 tiga kali angkatan, mulai Januari, Mei dan Oktober.

Dikatakan, untuk penempatan siswa yang ikut pelatihan ini, bagi yang sudah bekerja akan kembali ke tempat bekerja, tapi bagi yang belum bekerja akan difasilitasi.

“Bila ada formasi pekerjaan yang membutuhkan, akan kita arahkan. Tapi bila belum ada pihak lain membutuhkan, akan kita arahkan, sehingga kegiatan ini bermanfaat selain mendapatkan pengetahuan dan keterampilan juga untuk persiapan bekerja,”papar Prin Mahadi.

Prin Mahadi mengaku, tugas pokok atau peranan Satpam, adalah pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, dan serta pengaturan lalulintas(Turjawali).

Selain itu, juga SAR, rescue atau penyelamatan, pelayanan prima, pemadam kebakaran serta bela diri dan lain- lain.Sapawi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here