kampus shopee UMKM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan mengunjungi Kampus UMKM Shopee di Kota Semarang yang beralamatkan di Jalan Setia Budi No.192, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik. Foto: Istimewa.

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Shoppe sebagai salah satu platform dagang elektronik memberikan peranan agar  UMKM lokal bisa mendapatkan akses edukasi dan fasilitas, sehingga bisa naik kelas. Yakni, dengan menghadirkan tiga Kampus UMKM Shoopedi Solo dan Semarang dan Bandung.

“Fasilitas tersebut dibangun untuk memberikan pelayanan dan dukungan komprehensif, dan  tetap mengedepankan protokol kesehatan yang diperuntukkan khusus bagi UMKM agar dapat pendampingan bisnis langsung dari tim Shopee,” kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam siaran persnya, Rabu ( 15/9).

Handhika Jahja mengatakan, kehadiran tiga Kampus Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Semarang tersebut,  diharapkan semakin banyak UMKM di sekitarnya terbantu untuk naik kelas untuk masuk ke ranah digital dan global. Yakni,  melalui fasilitas dan layanan di Kampus UMKM Shopee Ekspor yang dirancang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Selain itu, hadirnya Kampus UMKM Shopee Ekspor tersebut  sebagai tonggak perekonomian Indonesia dan bagian dari keluarga besar Shopee, agar  UMKM  diberikan wadah untuk terus bertumbuh.

Menurutnya, Kampus UMKM Shopee Ekspor yang ada di  Solo beralamatkan di Jalan Hasanudin No.98, Punggawan, Kecamatan. Banjarsari, Kota Surakarta. Kemudian Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung ada di Jalan BKR No.27, Pasirluyu, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

“Sedangkan yang ada di Kota Semarang beralamatkan di Jalan Setia Budi No.192, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang,” ujarnya.

Ia menambahkan, di tiga  Kampus UMKM Shopee Ekspor tersebut  menghadirkan empat fasilitas dan layanan. Yakni, bantuan operasional dan pendaftaran, pelatihan dan edukasi, fasilitas penunjang pemasaran serta ruang pertemuan dan pelatihan

Handika  menjelaskan, di fasilitas yang ada di Kampus UMKM Shopee tersebut, para pelaku UMKM dapat menyaksikan langsung demonstrasi proses pengelolaan stok, mulai dari proses inbound hingga outbound barang. Juga memperoleh informasi serta prosedur dalam program Ekspor Shopee.

“Di tempat itu pula, menjadi pusat informasi cara mulai berjualan serta pelatihan untuk pelaku UMKM mulai dari modul dasar, menengah  hingga lanjutan. Dan juga disediakan  fasilitas penunjang seperti laptop dan telepon pintar agar pelaku UMKM dapat memahami beragam fitur Shopee,” katanya.

Sedangkan di studio, Shopee pun menyediakan fasilitas studio foto untuk mengambil foto produk dengan kualitas yang baik.

Sedangkan, di ruang pertemuan Shopee menyediakan empat ruangan untuk pertemuan 1-on-1 antara pelaku UMKM dengan  pelatih Shopee, yang didedikasikan untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan performa bisnisnya.

“Ruangan  pelatihan ini berkapasitas sekitar 30 orang, dan dirancang sebagai ruang pelatihan yang diadakan enam hari seminggunya,” katanya.

Handhika menjelaskan, semua Kampus UMKM Shopee tersebut  buka setiap hari (kecuali Minggu), mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan khusus Sabtu  kampus tutup pukul 15.00 WIB. Yon

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here