Mendapati pemuda tak bermasker, jajaran Polsek dan Koramil Kismantoro, Wonogiri, memberikan sanksi untuk berolahraga push up. Sebelum kemudian diberi hadiah masker gratis.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Semalam, pemerintah mengumumkan lagi perpanjangan PPKM yang dilonggarkan. Meski dilonggarkan, bukan berarti kemudian bebas tidak memakai masker.

Memakai masker, menjadi bagian penting dalam disiplin protokol kesehatan (Prokes) untuk pencegahan Corona Disease Virus (Covid)-19.

Demi menggiatkan pemakaian masker, jajaran Babinsa dan Bhabinkamtibmas berikut Polsek dan Koramil di Wonogiri giat melaksanakan edukasi kepada masyarakat.

Sebagaimana Polsek Kismantoro Polres Wonogiri misalnya, menggelar KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) untuk peningkatan disiplin dan penegakan hukum Prokes.

KYRD berlangsung di depan Pasar Kismantoro, dengan melibatkan 3 personel Polsek dan 2 anggota Koramil bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kismantoro.

Gakplin Prokes

Yakni menggelar operasi yustisi penegakkan disiplin (Gakplin) Prokes. Hasilnya, membina 7 orang tak ber masker, dengan teguran lisan dan pemberian sanksi untuk berolahraga push up.

Personel Koramil-04 Nguntonadi, membagikan masker gratis kepada warga yang abai mengenakan masker.

Kepada mereka kemudian menerima hadiah pembagian masker gratis, sebelum melanjutkan perjalanan dan melakukan aktivitas di tempat umum.

Danramil-17/Sidoharjo,LettuĀ  Totok Mardoyo, Senin (13/9), menurunkan Pelda Kahana dan Serda Sunarno, untuk mengedukasi masyarakat berdisiplin memakai masker.

Kepada masyarakat yang tidak memakai masker, mendapatkan hadiah masker secara cuma-cuma, dengan menerima pembinaan tentang pentingnya berdisiplin mematuhi Prokes.

Operasi yustisi juga berlangsung di Kecamatan Girimarto, Wonogiri. Danramil-18 Girimarto, Kapten (Inf) Siswanto, menyatakan, operasi ini untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat mematuhi Prokes.

Gelar operasi yustisi Gakplin Prokes juga berlangsung di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri. Danramil-04 Nguntoronadi, Kapten (Inf) Budi Utama, menyebutkan, kegiatan ini untuk mencegah wabah virus corona.

Pada malam hari, jajaran Koramil Girimarto dan Nguntornadi juga melakukan patroli pendisiplinan memakai masker, sebagai bagian dari upaya mematuhi Prokes pencegahan Covid-19.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here