Personil kepolisian di Polres Wonosobo ketika diperiksa kelengkapan surat data diri. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiplin) kembali digelar Seksi Propam Polres Wonosobo Polda Jawa Tengah, Selasa (14/9) di halaman Mapolres setempat.

Usai apel pagi seluruh anggota Polri diperiksa sikap tampang dan kelengkapan surat nyata diri. Setiap anggota Polri dipastikan harus mengantongi surat data diri. Selalu bersikap disiplin dan tertib dalam berpenampilan.

Kepala seksi Propam, IPDA Tahjudin, mengatakan pemeriksaan ini merupakan agenda rutin anggota kepolisian. Setelah mendapat petunjuk dari satuan atas biasanya gaktiplin akan diadakan secara mendadak.

“Ini sudah menjadi agenda rutin. Bisa satu bulan sekali atau bahkan dua kali dengan waktu yang tidak diberitahukan kepada anggota sebelumnya. Jadi semua dilakukan spontan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu,” ungkap dia.

Selain pemeriksaan kerapian sikap tampang dan surat nyata diri, sejumlah anggota yang berdinas di bagian opsnal juga dites urin. Hal itu, guna memastikan personil kepolisian bebas narkoba dan obat-obatan terlarang.

Jaga Diri

Anggota Resmob Polres Wonosobo ketika dilakukan test urin. Foto : SB/Muharno Zarka

“Sejumlah anggota reserse mobile (resmob) dan satuan narkoba juga dilakukan tes urin. Tes urin dilakukan untuk memastikan anggota Polri tidak mengkonsumsi narkoba,” tegasnya.

Dirinya menuturkan hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi pelanggaran anggota baik pelanggaran yang bersifat ringan maupun berat. Diusahakan setiap personil harus menegakan kedisiplinan dan ketertiban sesuai peraturan yang ada.

Pihaknya berharap anggota Polri di Polres Wonosobo khususnya bisa menjaga diri dan menghindari pelanggaran sekecil apapun. Sebab, setiap melakukan pelanggaran pasti ada sanksinya.

“Saya berharap rekan-rekan anggota kepolisian dapat menghindari pelanggaran sekecil apapun. Selalu membawa surat nyata diri saat bertugas dan berpenampilan rapi,” pintanya.

Anggota Polri, lanjut dia, juga harus memperhatikan kerapian diri dan hindari penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang. Jika melanggar akan diberi sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here