Usai berbincang-bincang dengan warga, Jokowi menyempatkan diri membagi-bagikan uang untuk pedagang yang sejak pagi telah menunggu kedatangannya bersama Ganjar Pranowo. Foto: dok/ist

KLATEN (SUARABARU.ID)– Desa Segaran di Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, terlihat berbeda dengan hari-hari biasanya. Masyarakat yang biasanya pagi-pagi pergi ke sawah atau ke pandai besi untuk bekerja, hari ini mereka kompak hanya duduk-duduk di depan rumah mereka.

Sejak pagi hari, mereka sudah ramai di jalanan. Sambil ngobrol, mereka seolah tak sabar menanti tamu penting yang akan datang ke desanya.

Bukan tamu biasa. Dua orang yang akan berkunjung ke Desa Segaran Klaten pada Senin (13/9/2021) adalah orang nomor satu di Indonesia, dan orang nomor satu di Jawa Tengah.

BACA JUGA: Tim Bola Voli Putra Jateng Benahi Pertahanan, Putri Tingkatkan Mental Bertanding

Ya, Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, bersamaan meninjau vaksinasi door to door yang diselenggarakan di desa itu.

Sekitar pukul 08.30 WIB, rombongan Presiden dan Gubernur tiba di lokasi. Keduanya berjalan berkeliling menyapa masyarakat yang sedang divaksinasi. Jokowi mengenakan kemeja putih, sedangkan Ganjar tampil dengan batiknya, dengan ramah menyapa warga yang sudah menunggunya.

”Seneng banget mas rasanya, ndak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ini lho warga belum sarapan semua, demi pengin lihat Pak Jokowi dan Pak Ganjar. Alhamdulillah, terima kasih Pak Jokowi, Pak Ganjar, sudah mau mengunjungi desa kami. Desa kecil yang kumuh. Apalagi datang bawa program vaksinasi dan bantuan sembako,” kata Sri Mulyaningsih, salah satu warga.

BACA JUGA: Polda Jateng Sidik Seorang Dokter yang Diduga Campurkan Sperma dalam Makanan Istri Temannya

Sejak pagi, Sri sudah sibuk mempersiapkan diri. Dia membersihkan rumahnya dan sempat membuatkan minuman untuk tentara hingga Paspampres yang ada di desanya.

”Pokoknya bungah banget, semoga desa kami semakin maju setelah didatangi Pak Jokowi dan Pak Ganjar,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Anik, warga Segaran lainnya. Dia menyampaikan, sebelumnya sempat bermimpi kalau dirinya ketemu Jokowi dan Ganjar.

BACA JUGA: Badai Topan Chantu Dekati China dan Shanghai Tunda Trasportasi

”Saya itu sempat mimpi, ada banyak orang datang ke kampung sini. Eh jarak satu minggu, Pak Jokowi dan Pak Ganjar tindak mriki (datang ke sini). Ya Allah, senang banget rasanya mas,” ungkapnya.

Apalagi Anik sempat disapa oleh Ganjar, saat sedang duduk di depan rumahnya. Dia bersama warga lain yang sedang memilah cabai, disapa Ganjar dengan ramah.

”Tadi Pak Ganjar menyapa saya, tanya-tanya soal cabai. Ditanya juga sudah vaksin apa belum. Senang sekali rasanya. Semoga kedatangan Pak Jokowi dan Pak Ganjar bisa membuat kampung ini ramai, pandai besinya jadi ramai, jualan juga ramai, ekonomi menggeliat,” harapnya.

BACA JUGA: Harga Sayuran dan Cabai Anjlok , ASN Pemkab Magelang Borong Produk Petani

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi door to door yang dilakukan kali ini. Menurutnya, semua upaya harus dilakukan, agar program vaksinasi bisa cepat selesai.

”Seperti pesan Presiden tadi, segala cara harus dilakukan agar cepat. Maka upaya vaksinasi door to door ini dilakukan, sebagai bagian dari jemput bola. Masyarakat yang tidak bisa mengakses secara langsung, sekarang dijemput. Dan Alhamdulillah bisa jalan,” tutur Ganjar.

Dia menambahkan, saat mendampingi Jokowi keliling desa, dia melihat Jokowi berkomunikasi dengan masyarakat, termasuk pelaku UMKM. Keluhan dan masukan yang disampaikan masyarakat langsung ditindaklanjuti.

”Ada juga bantuan yang diberikan langsung ke mereka. Jadi ya ngiras-ngirus, menurut saya cara ini top sekali,” pungkasnya.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here