blank
Para qari-qariah, hafiz-hafizah yang akan menjadi kafilah Provinsi Jateng, dalam STQ Nasional XXVI di Sofifi, Maluku Utara, divaksi di Balai Kesehatan Lanal Semarang.  Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Semarang, membantu melakukan vaksinasi covid-19 pada semua kontingen atau kafilah Provinsi Jawa Tengah yang akan berlaga di Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI, di Sofifi, Provinsi Maluku Utara.

Alhamdulillah, kami bersyukur dapat berpartisipasi untuk para kafilah yang akan berlaga di STQ Nasional,” kata Kepala Balai Kesehatan Lanal Semarang, Letda Laut (K) drg Neno Karisma, Senin (13/9/2021).

Secara bergiliran satu persatu qari-qariah, hafiz-hafizah dan mufassir-mufassirah, mendapat vaksin di Balai Kesehatan Lanal Semarang.

BACA JUGA: IDI Sarankan Oknum Dokter yang Tengah Diproses Polda Jateng Periksa Psikiater

Kepala Seksi Seni Budaya Islam, Musabaqah Alquran dan Al Hadits Bidpenaisdayazawa Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Nining Indrawati mengatakan, panitia STQ Nasional XXVI, mewajibkan seluruh kafilah yang akan mengikuti kegiatan ini pada 14-23 Oktober mendatang, telah melakukan vaksinasi covid-19 tahap satu.

”Persyaratan wajib telah vaksinasi covid-19 ini disampaikan berdasarkan surat Dirjen Bimas Islam 7 September 2021, bahwa seluruh kafilah STQ Nasional saat tiba di Bandara Sultan Babullah, Ternate, harus menunjukkan bukti vaksinasi tahap satu, dan melampirkan hasil tes swab PCR negatif,” kata Nining dalam keterangannya di Semarang.

Peserta tidak cukup hanya melampirkan surat keterangan telah melakukan vaksinasi tahap satu dan hasil tes Swab PCR negatif saja, tetapi selama mengikuti berbagai kegiatan STQ Nasional, harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, untuk menghindari terpapar covid-19.

Prokes tersebut meliputi, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi bepergian kecuali untuk keperluan sangat penting.

BACA JUGA: Ketua DPD PKS Wonosobo Lantik Pengurus BPKK

Dalam waktu yang sangat mendesak, panitia mendapatkan vaksin covid-19 bagi kafilah STQ Nasional Provinsi Jateng, yang sedang mengikuti pembinaan/pelatihan di Hotel Candi Indah, Jalan Dr Wahinin 112 Semarang, dari Lanal Semarang.

”Setelah dilakukan pendataan oleh paitia, akhirnya terdapat 17 orang, yang terdiri dari peserta dan pembina yang belum melakukan vaksinasi tahap satu,” ungkap Nining.

Uyunil A’izzah, salah satu peserta menyampaikan, sangat beruntung bisa mengikuti vaksinasi covid-19 di Lanal Semarang.

Alhamdulillah saya merasa beruntung sekali bisa ikut vaksinasi di Lanal Semarang. Tidak perlu antre lama, karena langsung dilayani dengan baik oleh petugas kesehatan. Padahal saya sudah berusaha ikut vaksinasi di Kabupaten Magelang, tapi dapat nomor antrean saja susah,” tutur Uyun.

Riyan-Mul