Tiga tamu menikmati kopi dan teh rempah di Kedai Kopi Sadewo Pejagoan, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – ANDA pecandu kopi atau minuman rempah Jawa? Kurang lengkap jika tidak menikmati sensasi aroma kopi di Kedai Kopi dan Pemanggang Roti atau Coffee Shop and Roastery Sadewo Pejagoan, Kebumen.

Lokasinya strategis. Mudah terjangkau. Tepatnya di depan objek wisata dan kolam renang Gading Pejagoan. Berbentuk rumah ornamen pendopo klasik. Serasa khas dengan menu yang disajikan. Yakni kopi  lokal dengan aroma berkualitas  dan rasa unggul, namun harga terjangkau. Juga ada teh dan jamu empon-empon rempah Jawa.

Pemilik Kedai Kopi dan Pemanggang Roti Sadewo tak lain Kurniawan Sadewo. Pemuda sarjana  akuntansi tamatan Unsoed Purwokerto asal Jatimulyo, Alian, Kebumen. Ia mengaku sudah sekitar 1,5 tahun terjun ke bisnis kedai kopi.

Kedai Kopi Sadewo berarsitektur joglo klasik di Pejagoan Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Menurut Sadewo, sengaja mengutamakan bahan kopi pilihan, namun dari lokal atau sekitar Kebumen. Untuk kopi Robusta, ia mendantangkan kopi dari perbatasan Kebumen-Wonosobo. Tepatnya  dari Desa Kedunggong, Kecamatan Sadang. Sedangkan kopi Arabika mendatangkan secara khusus dari Temanggung.

Untuk melengkapi selera pelanggan, Sadewo juga menyediakan teh dan aneka remah herbal khas Jawa . Teh Tambi khusus didatangkan dari area pegunungan Wonosobo.

Awalnya Sadewo mengontrak tempat di Selang, sebelah timur kota Kebumen. Setelah setahun berjalan, memindahkan lokasinya ke Pejagoan. Sajian untuk kedai Kopi Sadewo ini tentu kopi Arabika dan kopi Robusta.

Untuk urusan garga juga terjangkau. Dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000. Untuk kopi tubruk Sadewo dibanderol Rp 5.000.Kopi tubruk Robusta single origin Rp 9.000. Robusta Kebumen Rp 10.000.

Sedangkan unutk Kopi Arabika Sadewo Rp 10.000. Arabika single origin Rp 14.000, dan Arabika Wine  Rp 15.000.

Menu andalan lain di Kedai Kopi Sadewo yakni Vietnam Drip. Menu Robusta Sadewo dijual Rp 9.000. Robusta single origin Rp 12.000.Robusta Kebumen Rp 13.000. Arabika Sadewo Rp 11.000.Arabika Single Origin Rp 15.000 dan Arabika Wine Rp 17.000.

Selain itu masih ada varian kopi V60 atau Japanese dengan harga juga dari Rp 9.000 sampai Rp 18.000. Varian kopi espreso serta kopi susu gula aren dengan tarif Rp 15.000-20.000. Disajikan hangat atau memakai es.

Barista Kedai Kopi Sadewo Teguh Prasetyo menjelaskan bahan kopi kepada tamu.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Sedapnya Empon-empon Jawa

Bahkan di Kedai Kopi Sadewo ini juga menyediakan minuman teh rempah hingga sensasi minuman empon-empon. Yakni minuman jamu atau herbal Jawa dari bahan campuran rempah jahe merah, serei, kencur, temu lawak, kunyit dan jeruk nipis, jahe merah, jahe merah madu dan dan kopi klothok jahe.

Menu pendukung di kedai itu ada aneka  gorengan. Seperti tempe goreng dan mendoan, pisang goreng berbagai jenis hingga tahu goreng krispi.

Teguh Prasetyo yang didapuk sebagai barista menuturkan, dirinya telah setahun menjadi koki di Kedai Kopi Sadewo. Pemuda asal Klirong itu menyatakan, untuk manajemen, menu hingga  penyajian selalu dibahas bareng dengan Kurniawan dan teman lainnya.

Bahkan acap ada masukan dari konsumen, langsung didiskusikan bersama. Sehabis menyeduh atau meminum kopi pesanan, biasanya pelanggan diminta menyampaikan kesan maupun komplain. “Dengan begitu kami bisa mendapat umpan balik untuk terus memperbaiki penyajian,”ucap Teguh.

Nah bagi penggemar kopi dan teh rempah, silahkan mencoba mencicipi sensasi kopi berbagai jenis di Kedai Kopi Sadewo. Areanya yang cukup luas. Bisa pula untuk ajang diskusi atau rapat bersama teman. Keda kopi Sadewo ini mula didatangi siang hari saat anak muda pulang kerja.

Malam hari semakin ramai selepas magrib. Lokasi yang tak jauh dari pusat kota, serta dekat objek wisata tentu menjadi satu kelebihan bagi para pelanggan dan penikmat kopi.

Komper Wardopo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here