blank
Rektor IAIN Kudus Dr H Mundakir MAg, Sekda Kabupaten Kudus Dr Sam'ani Intakoris ST MT dan Ketua IPI Jateng Itmamuddin SS MM, saat menghadiri webinar dan Pelantikan Pengurus IPI Kabupaten Kudus. Foto: dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID)– Ditandai dengan penerimaan bendera pataka dari Itmamuddin SS MM, selaku Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jateng, Sutarno, kini secara sah menjabat sebagai Ketua Pengurus Daerah IPI Kabupaten Kudus Periode 2021-2024.

Upacara pelantikan berlangsung di Gedung Perpustakaan IAIN Kudus, belum lama ini. Pada kesempatan itu juga, diselenggarakan Webinar Nasional dengan tema ‘Pemanfaatan Teknologi untuk Menghadirkan Perpustakaan dalam Genggaman’.

Sebagai pembicara dalam webinar itu adalah Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat SS MM, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dra Labibah Zain Mlis dan Ketua IPI Jateng Itmamudin SS MIP.

BACA JUGA: Tenaga Kerja Nonkaryawan Perhutani Randublatung Terima Paket Bantuan

Hadir pada upacara pembukaan, Rektor IAIN Kudus Dr H Mudzakir MAg dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Dr Ars Sam’ani Intakoris ST MT, yang juga menjadi pembicara kunci.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Kudus Dr H Mudzakir MAg mengatakan, perpustakaan modern sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku digital dalam bentuk data juga bisa diakses lewat jaringan komputer.

Sementara itu, Sekda Kudus Dr Ars Sam’ani Intakoris ST MT menyatakan, pemberdayaan perpustakaan dengan sarana dan prasarana yang mengikuti tuntutan zaman, harus dilakukan.

BACA JUGA: Hubungan Emosional Kiai dan Santri Tersambung Selamanya

”Langkah ini penting, agar perpustakaan tidak ditinggal penggunanya. Selain itu, keberadaan pustakawan yang berkualitas dan profesional sangat diperlukan dalam menghadapi tatanan era informasi global,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua IPI Jateng Itmamudin SS MIP menyebutkan, keberadaan IPI sebagai wadah untuk mengenalkan dan memperjuangkan kesetaraan profesi pustakawan dengan profesi lainnya.

Riyan