blank
Atal S Depari (Ketua Umum PWI Pusat). Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Pemerintah mengapresiasi para insan olahraga yang terdiri dari olahragawan, wasit, pembina olahraga, akademisi, dan wartawan, dengan memberikan penghargaan, pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 Tahun 2021.

Menpora RI Zainudin Amali, mengumumkannya sendiri secara langsung, di GOR POPKI (Pusat Olahraga Persahabatan Korea Indonesia), Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021).

Namun karena keterbatasan waktu serta penerapan protokol Kesehatan (prokes) dalam penyelenggaraan peringatan Haornas, sehingga nama penerima penghargaan hanya dibacakan Menpora, untuk 20 orang penerimanya.

BACA JUGA: September Ceria Hotel Ciputra Sajikan Aneka Rasa Nusantara

”Seiring dengan telah ditandatanganinya Perpres No 86 Tahun 2021 tentang DBON oleh Presiden RI Joko Widodo, pemerintah memberikan penghargaan kepada para atlet yang berprestasi di tingkat dunia, Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo,” kata Menpora.

”Bagi para atlet Paralimpiade, teruslah bersemangat. Tidak ada perbedaan apa yang diberikan kepada atlet Olimpiade, semua sama. Kemenpora merupakan kementerian yang ramah terhadap para difabel,” imbuhnya.

Ada pun 20 di antara para penerima penghargaan itu ada nama Apriyani Rahayu, Greysia Polii, peraih medali emas Ganda Putri Bulutangkis pada Olimpiade Tokyo 2020 beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA: Dana Insentif Guru Agama Cair, Setiap Orang Terima Rp1,2 Juta

Lalu ada Leani Ratri Oktila, Hary Susanto, Khalimatus Sadiyah, peraih emas dan perak Para Badminton Paralimpiade Tokyo 2020. Selain atlet, ada Wasit Bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 asal Indonesia, Wahyana.

”Selain para atlet dan wasit, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada insan olah raga, seperti kategori pembina olah raga, dosen olah raga, dan wartawan olah raga,” ucapnya.

Untuk insan pembina olah raga yang memperoleh penghargaan, ada nama Agung Firman Sampurna Ketua BPK yang menjabat sebagai Ketua Umum PBSI, Raja Sapta Oktohari (President NOC Indonesia), Senny Marbun (Ketum NPC Indonesia), Marciano Norman (Ketum KONI Pusat).

BACA JUGA: Pengurus GPMB Kebumen 2021-2025 Dikukuhkan Secara Daring

Kemudian ada juga Rosan Perkasa Roeslani (CdM Olimpiade Tokyo 2020/Ketum PB PABSI), Listyo Sigit Prabowo (Kapolri sebagai Ketum PB ISSI), Hadi Tjahjanto (Panglima TNI sebagai Ketum PB FORKI), Hayono Isman (Ketum KORMI Pusat), Heri Ahmadi (Dubes LBBP Indonesia untuk Jepang).

Selanjutnya untuk para akademisi penghargaan diberikan kepada Sumaryanto (Rektor UNY), Jamal Wiwoho (Rektor UNS), Mochammad Asmawi (Guru Besar Keolahragaan UNJ), Tandiyo Rahayu (Dekan FIK Unnes).

Sedangkan untuk pewarta berita olahraga, diberikan kepada wartawan senior Atal Sembiring Depari, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PWI Pusat.

BACA JUGA: Digitalisasi Kunci Pemulihan Ekonomi pada Masa Pandemi

Dalam kesempatan yang sama, diluncurkan pula Sportbloc, yang merupakan aplikasi ekosistem olah raga.

”Kami menyambut baik langkah strategis yang dilakukan Sportlink sebagai Mitra KONI yang melahirkan Sportbloc, sebagai salah satu solusi untuk mencapai Misi Kemandirian KONI,” ungkap Ketua Umum KONI, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Dikatakan dia, Sportbloc ini bisa dianggap sebagai satu-satunya platform olah raga di Indonesia. Diharapkan nanti tidak sekadar menyuguhkan berita atau liputan olah raga, tapi juga diharapkan dapat merangkum Big Data ke-olah raga-an Indonesia yang mudah diakses semua pihak.

BACA JUGA: Disiapkan Dana Rp 62 Miliar untuk Pembangunan RSI MAJT-MAS

CEO Sportlink, Bambang Asmarabudi mengakui, Sportbloc ini menjadi jawaban sekaligus sebagai implementasi atas Visi KONI Mandiri, yang mendukung kemajuan prestasi insan olah raga beserta seluruh pemangku kepentingannya.

Sportbloc diharapkan akan menjadi penghubung sejumlah stakeholders olah raga beserta turunannya.

Ndang Mawardi, CEO Sportbloc juga mengaku optimistis di era digital ini. Kecepatan menjadi kata kuncinya.

BACA JUGA: Renovasi Rampung, Pedagang Pasar Johar Boyongan 24 September 2021

”Kami sadar, pemain digital dari luar negeri sudah mengincar dunia olah raga untuk masuk pasar Indonesia yang sangat besar. Sportbloc lahir 100 persen hasil karya anak bangsa, sebagai platform yang dapat berkolaborasi dengan seluruh pihak dalam ekosistem olah raga, industri olah raga, wisata olah raga dan lainnya di Indonesia untuk kepentingan Merah Putih,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari mendukung penuh gagasan platform ekosistem olah raga yang diinisiasi KONI itu.

”Saya mewakili PWI sangat mendukung penuh gagasan platform ekosistem olah raga yang diinisiasi KONI ini,” tutur Atal.

Riyan