blank
Babinsa Srumbung dampingi vaksinasi kaum difabel, kemarin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Dalam rangka mendukung program pemerintah memutus penularan Covid-19, anggota Koramil 16/Srumbung Pelda Jiyono dan Serda Galih Yuwana melaksanakan pendampingan vaksinasi Covid-19 dosis pertama kepada warga difabel. Dilaksanakan di Balaidesa Jerukagung, Srumbung, Kabupaten Magelang, Selasa (7/9).

Jumlah warga yang mendapat vaksin 100 orang. Untuk warga difabel mendapat vaksin jenis Sinofarm dan warga yang mendampingi mendapat vaksin Sinovac.

Kehadiran Babinsa dan Babinkamtibmas mendampingi tim kesehatan Puskesmas bertujuan untuk memastikan kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada hambatan yang terjadi.

Pelda Jiyono mengatakan bahwa perlu perhatian khusus dan pendekatan yang lebih ketika mengajak warga difabel untuk memahami dan mau melaksanakan vaksinasi.

“Dalam melakukan pendampingan kepada warga difabel, memang harus ekstra perhatian karena memiliki kebutuhan khusus yang harus bisa kita pahami dan sesuaikan. Kita harus bisa menempatkan posisi dalam situasi yang tepat dalam berkomunikasi, sehingga interaksi terjalin dengan baik,” terangnya.

Dia juga berpesan kepada penerima vaksin, meski sudah divaksin diharapkan memantau perkembangannya. Bila ada keluhan diminta menghubungi bidan desa setempat.

Kepala Desa Jerukagung, Triwartanta, juga memberikan pengertian tentang kegunaan vaksin, serta dampak dari virus Covid-19. Dia juga menguatkan warga untuk tetap semangat dengan harapan tidak terjadi penyebaran virus Covid-19.

“Paling utama ikhtiar kita semua untuk menekan penyebaran Covid-19, dan tentunya harus tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkasnya.

Eko Priyono