blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tiga orang Wakil Ketua DPRD Jepara yaitu Junarso (Fraksi PDI Perjuangan ), Pratikno ( fraksi Nasdem ) dan KH Nuruddin Amin (fraksi PKB)  secara bulat mendukug pengajuan hak interpelasi kasus pembebasan sementara Sekda Jepara Edy Sujatmiko S.Sos, MM, MH oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi,S.Sos.

Dukungan terhadap hak interpelasi tersebut disampaikan dalam pesan WhatsApp menjawab pertanyaan  SUARABARU.ID terkait posisinya dalam pengajuan hak interpelasi yang rencananya akan segera diparipurnakan dalam waktu dekat. Sementara Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif belum memberikan jawaban.

Para pendukung hak  interpelasi ini  semakin terbuka. Dari fraksi PDI Perjuangan dikabarkan, dari 8 anggota fraksi, 6 orang telah menandatangani surat pengajuan interpelasi. Mereka adalah Edy Ariyanto (ketua fraksi), Fardinal Sasono, Sutrisno, Yuni Sulistyo, Saiful Muhamad Abidin.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Junarso, Pratikno dan KH Nuruddin Amin, walaupun mendukung hak interpelasi tetapi tidak membubuhkan tandatangan dalam surat pengajuan.

Sedangkan dari fraksi Nasdem, pengajuan hak interpelasi ditadatangani oleh Patmono Wisnugroho (ketua fraksi),  Nur Hidayat, Sunarto, Jumar, Arlisfian Tegar Wijaya. Kursi yang ditinggalkan oleh almarhum Hadi Patemak sampai saat ini belum terisi karena masih menunggu proses administrasi PAW.

Sementara dari fraksi Gerindra  yang telah membubuhkan tanda tangan adalah Purwanto ( Ketua Fraksi ) dan Arizal Wahyu Hidayat. Sedangkan PKB H. Ahmad Sholikhin.

Ketua fraksi Nasdem, Patmono Wisnugroho yag mejadi salah satu inisiator hak interpelasi mengungkapkan, bahwa terus melakukan komunikasi intens dengan fraksi – fraksi maupun anggota DPRD Jepara.

“Harapan kami dapat memperoleh dukungan 50 % plus 1 atau 25 anggota DPRD, sehingga hak interpelasi dapat dijalankan untuk  meminta penjelasan kepada bupati Jepara. Hak ini adalah salah satu dari tiga bentuk pengawasan yang bisa dilakukan oleh DPRD terhadap kinerja dan kebijakan bupati. Hak pengawasan yang lain adalah hak angket dan hak menyatakan pendapat,” ujar Patmono Wisnugroho.

Sementara dari data yang ada, di DPRD Jepara saat ini terdapat fraksi PPP dengan jumlah kursi 10, fraksi DKBH ( partai Demokrat, PKS, Berkarya dan partai Hanura ) 6 kursi, faksi PAN Perindo 4 kursi, fraksi Golkar 4 kursi. Sedangkan fraksi PDIP 8 kursi, Nasdem 7 kursi, Gerindra 5 kursi dan PKB 6 kursi.

Hadepe